Label Virgoun Gugat TikTok Dugaan Pelanggaran Hak Cipta

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 26 Jan 2022 11:45 WIB
Virgoun saat berkunjung ke kantor detikcom.
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Aplikasi media sosial TikTok diduga menggunakan tiga lagu yang dipopulerkan Virgoun tanpa izin. TikTok digugat dengan dugaan melanggar Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Tiga lagu yang dicatut tanpa izin adalah milik Virgoun. Lagu-lagu itu adalah Surat Cinta Untuk Starla, Bukti, dan Selamat (Selamat Tinggal).

Maka dari itu, label perusahaan rekaman yang menaungi Virgoun, PT Digital Rantai Maya atau DRM menggugat TikTok.

Sebelum gugatan ini dilayangkan, pihak TikTok dan DRM sudah saling bertemu beberapa kali untuk mediasi. Namun sayangnya, mediasi mereka tak mencapai persetujuan keinginan pihak DRM.

"Berkali-kali pertemuan mediasi, pembahasan kita selalu fokuskan mempertanyakan kenapa lagu Virgoun ada di server music Tiktok? upload atas izin siapa? Karena tidak ada kerja sama antara TikTok dan DRM," ujar Nixon D H Sipahutar selaku kuasa hukum DRM.

"Pada akhirnya Tiktok menawarkan untuk memberikan marketing support," lanjutnya.

Saat pertemuan mediasi, Nixon menyebut, TikTok enggan memenuhi keinginan DRM alias tanggung jawab dengan perbuatannya. Mereka justru menawarkan marketing support saja.

Hal itu kemudian tak disetujui oleh pihak DRM yang dirasa tidak perlu.

"Yang itu ditolak oleh DRM karena DRM tidak perlu itu pada saat tidak ada kerja sama, yang artinya juga tidak ada konten DRM di TikTok," lanjutnya.

Gugatan yang dilayangkan DRM ke TikTok ini bukan semata-mata karena merasa rugi secara materil dan imateril. Mereka menegaskan, hal seperti ini sangat penting dilakukan demi sikap peduli terhadap hak cipta karya orang lain.

Sidang kasus ini telah dilakukan beberapa kali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan kasus hukum perdata.



Simak Video "Istri Virgoun Maafkan Pacar ART-nya yang Sebar Fotonya Tanpa Hijab"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)