Catat! Ini Syarat Wajib Nonton Rock In Solo

Ari Purnomo - detikHot
Jumat, 03 Des 2021 17:03 WIB
Rock in Solo
Rock in Solo bakal digelr pada 18 Desember 2021. Foto: Ari Purnomo/ detikcom
Solo -

Polisi sudah mengeluarkan izin gelaran Rock In Solo yang akan berlangsung pada 18 Desember di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.

Meski begitu, dalam izin tersebut panitia wajib memenuhi sejumlah poin dalam penyelenggaraannya sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

"Rock In Solo sudah dapat rekomendasi dari Gugus Tugas, kami juga sudah panggil panitianya terkait penerapan prokes dan sudah terbitkan izinnya," terang Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada detikcom, Jumat (3/12/2021).

Ade menambahkan, beberapa poin terkait prokes. Di antaranya adalah adanya pembatasan peserta, pengaturan jarak sampai melakukan swab antigen.

"Ini wajib diberlakukan bagi semua yang ada di sana. Ini yang kami paparkan ke Polri sebelum keluarkan izin, semua penonton di Rock In Solo wajib swab dan vaksin dua kali, dan juga pembatasan jumlah penonton," tuturnya.

Pihaknya, kata Ade, juga akan mengawal penerapan prokes dalam gelaran tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa event musik cadas itu terselenggara sesuai dengan prokes dan rekomendasi dari Satgas COVID-19.

"Kami akan kawal di lapangan, meski sudah dapat izin bukan berarti dibiarkan. Untuk swabnya diwajibkan di tempat masing-masing, tapi apabila belum (swab antigen), ada Dinkes Solo siapkan swab antigen," papar Ade.

Selain itu, peserta yang datang juga wajib memiliki aplikasi peduli lindungi.

Rock in SoloKapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak. Foto: Ari Purnomo/ detikcom

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Rock In Solo, Stephanus Adjie, memaparkan, acara ini bertajuk Appokaliptika: A Journey of Rock in Solo. Rangkaian dari Rock In Solo ini menjadi transisi menuju gelaran Rock In Solo kesepuluh di tahun 2022.

"Acara 18 Desember nanti adalah bagian dari semesta Rock In Solo yang bukan berbentuk festival, melainkan sebuah pertunjukan musik sebagai transisi menuju gegap gempita Rock In Solo ke-10 tahun 2022 nanti," kata Adjie.

Adjie yang juga vokalis Down for Life selaku bintang utama, menuturkan acara transisi tersebut akan menghadirkan pemusik rock seperti Djiwo, Pinthus dari band Bandoso, dan Kokom dari band Paranoid.

Uniknya, mereka akan berkolaborasi dengan musisi lokal di luar aliran rock. Seperti musisi keroncong Endah Laras, musisi kontemporer Gondrong Gunarto, Doel dari band humor Pecas Ndahe dan komedian Whawin Laura.

"Tantangan kita yang dihadapi cukup besar. Sambil menunggu marwah festival benar-benar bisa dikembalikan ke habitatnya, Rock In Solo mencoba beradaptasi dengan menghadirkan panggung pemanasan ini menghadirkan musisi lokal," ujar Adjie.

Pada pelaksanaannya, pintu akan dibuka pukul 17.00 WIB dan acara diselenggarakan mulai pukul 19.00 selama dua jam. Tiket konser ini dihargai Rp 57.500, termasuk tes antigen.



Simak Video "Sosialisasi Prokes untuk Pelajar Lewat Program Police Go To School"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)