Riwayat Kanker Ari Lasso hingga Harus Botak karena Kemoterapi

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 16 Nov 2021 11:51 WIB
Jakarta -

Ari Lasso mengaku mengidap kanker langka. Ia didiagnosa tumor limpa.

Pria kelahiran tahun 73 tersebut menuturkan kanker stadium 2 sudah menyerang sebagian besar limpa-nya sehingga bagian tersebut harus diangkat. Dokter menyebut kondisi kanker limfoma yang menyerang dirinya langka karena terjadi di dua kasus antara 4 ribu pengidap.

Meski kanker limfoma yang menyerang tubuhnya sudah diangkat, Ari masih akan menjalani sejumlah pengobatan. Salah satunya kemoterapi.

"Kalau sudah kanker kan kemungkinan tersebar lewat jaringan darah, di lipatan-lipatan kelenjar itu ada. Jadi minggu depan gua akan menjalani PET scan, di-scanning sampai di mana (kemungkinan kanker)," cerita dia dalam YouTube Deddy Corbuzier.

Namun, di sisi lain Ari Lasso bersyukur karena kanker limfoma yang diidapnya bisa disembuhkan yaitu Diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL).

Ari Lasso bercerita jika dirinya memang mempunyai riwayat atau keturunan survivor kanker dari sang ibu, dan kedua kakaknya.

"Kakak gue dua orang survivor cancer stadium tiga dan empat, cewek dua dan gue semua yang ngobatin, ada riwayat kanker dari garis ibu, kanker payudara semua dan survive," tutur dia.

Ari Lasso mengatakan kanker yang ada di tubuhnya memang langka. Ia mengalami gejala yang sebaliknya seperti yang biasa dialami pengidap kanker yang sama.

"Cancer-nya sangat langka, orang biasanya terkena kanker limfoma itu getah beningnya benjol-benjol, di sini, leher, ketiak. Dia akan sering pingsan kemudian darah putihnya dikit, anemia, sering pingsan sering demam kemudian menimbulkan kerusakan limpa," tutur Ari Lasso.

"Kalau gue kebalik limpa-nya yang dihinggapi cancer, dan ini case di antara empat ribu limfoma," pungkas dia.

(dar/pus)