ADVERTISEMENT

Endah Laras Gelar Konser Tunggal, Duet Dengan Waldjinah

Ari Purnomo - detikHot
Rabu, 03 Nov 2021 21:04 WIB
Penyanyi keroncong Endah Laras, Tommy Widodo dan Blontank
Foto: Ari Purnomo
Solo -

Penyanyi keroncong kenamaan asal Solo, Endah Laras akan menggelar konser tunggal menandai 25 tahun berkarya di industri musik keroncong.


Konser yang bertajuk Endahing Waldjinah Larasing Keroncong, akan digelar di pendapa rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Jumat (5/11/2021) malam, pukul 20.00 WIB.


Endah Laras menjelaskan, pemilihan tema pada konsernya itu adalah sebagai bentuk persembahan khusus kepada maestro keroncong, Waldjinah. Sosok Waldjinah menjadi guru serta panutan bagi Endah Laras selama terjun di dunia musik keroncong.


"Ini sebagai penghormatan atas konsistensi beliau menjaga kelestarian musik keroncong," ujar Endah Laras saat jumpa pers di The Sunan Hotel, Rabu (3/11/2021).


Penyanyi kelahiran 3 Agustus 1976 ini menambahkan, nantinya ada 11 lagu yang akan dibawakan pada saat konser. Lagu-lagu tersebut dipilih secara selektif dan turut menjadi cerita perjalanan kariernya.


"Pemilihan lagu sangat selektif, lagu-lagu ini yang saya nyanyikan ketika njajah desa, sobo kutho, mlumpat negoro. Seperti Yen ing tawang ono lintang, ojo dumeh, sambel baju biru keroncong dan juga Waldjinah ciptaan saya sendiri," urainya.


Endah Laras menceritakan, lagu berjudul Waldjinah sebenarnya diciptakan pada 2016. Lagu itu dikarang seusai dirinya menjenguk Waldjinah ketika terbaring di ICU.


"Saat itu saya melihat sorot wajah beliau seperti ingin segera kembali ke rumah, dan memberikan pelajaran kepada semuanya. Sepulang dari rumah sakit sudah kebayang melodi, tapi tidak ingin terbayang kesedihan," ungkapnya.


Endah Laras begitu mengagumi sosok Waldjinah dan yang paling terkenang adalah pertama kali bertemu dengan maestro keroncong itu di tahun 2007.


"Saya ingin menggambarkan pertemuan 2007, saat saya tahu yang akan tampil adalah beliau (Waldjinah) sebulan mata ini tidak bisa terpejam (tenang)," tuturnya.


"Ada satu momen yang terkena di hati, ketika beliau bertanya 'kowe cah ngendi? Kok kowe nyanyi langgam Jawa, kok kowe gelem jarikan'. Padahal beliau belum pernah ketemu sebelumnya, tapi sudah mau beri apresiasi. Momen itu yang saya bawa di lagu Waldjinah," sambungnya.


Menariknya, dalam konser tersebut Endah Laras juga akan berduet dengan Waldjinah, sang idolanya.


Untuk konser ini, Endah mempersiapkannya cukup lama. Endah Laras menggandeng Blontank sebagai produser dan Tommy Widodo sebagai arranger.


Selain dihadiri lebih kurang 150, konser juga akan ditayangkan live di YouTube Endah Laras Channel, Gibran Rakabuming Channel, dan Sanggar Cemara Channel.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(Ari Purnomo/pig)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT