detikHot

music

Endah Laras Kenang Didi Kempot: Beliau Superstar

Jumat, 22 Mei 2020 16:46 WIB Arif Syaefudin - detikHot
Endah Laras Foto: Endah Laras
Solo -

Penyanyi keroncong asal Kota Solo, Endah Laras mengenang sosok penyanyi campursari kondang, Almarhum Didi Kempot. Bahkan Endah menyebut sosok Didi Kempot sebagai sosok superstar.

Endah Laras menyebut, sudah mengenal Didi Kempot sejak tahun 1996 dan mulai akrab. Sejak saat itulah Endah mulai mengetahui sosok Didi Kempot melalui panggung ke panggung.

"Sosok mas Didi Kempot, itu kita ditinggalkan memang kroso banget. Jadi sampai saat ini pun saya belum bisa move on dari beliau. Tahu beliau sekitar tahun 96, saat itu saya merintis menyanyi mulai tahun 95," kata Endah dalam acara pulang kampung digital disiarkan detikcom, Jumat (22/5/2020).

Penyanyi bernama asli Endah Sri Muwarni ini mengaku setiap kali manggung bersama dengan Didi Kempot, antusias penonton cukup tinggi.

"Jadi saya mengerti dan tahu bagaimana sosok Didi Kempot ketika manggung, menyanyi itu sampai sinoman gak mau ngetokke sop, ga ngetokke sego, karena pengen nonton. Ada satpam, yang nunggu mobil, merangsek maju kabeh karena pengin nonton maestro," akunya.

Dari hal itulah, menurut Endah sosok Didi Kempot layak disebut sebagai superstar. Karya-karya Didi Kempot pun, kata Endah, digandrungi oleh lintas generasi, bahkan lintas etnis dan bahasa.

"Beliau itu saya sebut superstar. Kenapa, karena lagunya itu digemari dari anak, remaja, orang tua, nasional, milenial, internasional, dan yang paling luar biasa itu tidak hanya etnis jawa, tapi seluruh Indonesia nggelemi mas Didi Kempot," jelasnya.

"Itu yang jarang dimiliki oleh seniman-seniman kita. Itu sosok fenomenal, yang saya panggil superstar," lanjutnya.

Dalam kesempatan pulang kampung digital detikcom itu, Endah juga sempat menyanyikan lagu karya Didi Kempot yang berjudul Banyu Langit.




Simak Video "Pesan Didi Kempot: Saya Bangga dengan Lagu Saya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com