Pepeng Eks Naif Masih Sibuk Jadi Musisi

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 17:30 WIB
Franki Indrasmoro, Franki N Friends, Pepeng
Foto: dok. 20detik
Jakarta -

Franki Indrasmoro Sumbodo atau yang akrab disapa Pepeng telah mendeklarasikan hengkang dari band Naif yang membesarkan namanya.

Kini Pepeng telah menyatakan dirinya resmi tak lagi bergabung dengan Naif.

Keluarnya Pepeng dari Naif rupanya bukan langkah terakhir berkutat di industri musik. Pepeng mengaku tengah sibuk menjalani project solonya.

Dihubungi detikcom, Senin (25/10/2021), Pepeng menceritakan kegiatannya saat ini usai hengkang dari Naif. Pepeng mengaku sudah membuat project solonya yang bertajuk Frank and Friend's atau FNF.

"Aku kemarin sempat bikin project solo namanya Frank and Friend's," ujar Pepeng.

Tidak hanya itu saja, Pepeng rupanya kini melebarkan sayapnya untuk bekerja di salah satu label musik. Pepeng kini resmi bergabung dalam Sony Music pada divisi A&R atau Artis and Repertoar.

Pepeng mengaku, karier barunya ini ia dapat pada September 2021. "Sejak awal September (bekerja di Sony Music)" tutur Pepeng.

"Iya bulan lalu lah, begitu. Di divisi A&R, artis and repertoar," sahut Pepeng lagi.

Melanjutkan obrolan mengenai profesi sebagai musisi, Pepeng merasa kini dunia musik Tanah Air mengalami hal yang sangat memprihatinkan. Bagi Pepeng, semua ini imbas pandemi yang membuat pekerjaan seniman mandek.

Melihat kegiatan musisi saat ini, Pepeng juga merasa khawatir. Hal itu karena saat ini banyak musisi yang beralih pekerjaan menjadi konten kreatif di YouTube.

Hal itu menjadi tanda bahwa pekerjaan mereka sebagai musisi saat ini belum berjalan seperti biasanya.

"Dari sisi seniman sih yang pasti ya banyak dampak ya yang dialami. Makanya kalau kita lihat tuh di Indonesia agak-agak memprihatinkan karena musisi banyak yang jadi content creator," tutur Pepeng.

"Ya banyak yang nyari duit di Instagram, ya itu agak-agak prihatin sih sebetulnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Pepeng juga menjelaskan mengenai fenomena konser online.



Bagi Pepeng konser online saat ini bukan menjadi hal yang haram untuk musisi. Pada masa ini, Pepeng merasa harus menurunkan ego demi tetap menjalani pekerjaan sebagai musisi seperti biasanya.

"Seharusnya mungkin dari sisi artis musik juga harus bisa berdamai dengan kondisi seperti ini. Kalau masuk ke ranah virtual gigs kan sudah pasti rate honornya nggak setinggi yang dulu kan ya. Cuma ya daripada nol pemasukan ya kan haha," tutur Pepeng.

"Jadi kayaknya semua harus bisa nurunin ego dan bisa berdamai dengan keadaan sih. Kayak gitu sih," lanjutnya.



Simak Video "Eksklusif! Pepeng Garap Lagu Baru Bareng Rona dan Aurel Untuk FNF Project"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)