Armada dan Eksistensi Lewat Pop Melayu

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 11:11 WIB
Armada Band
Armada dan Eksistensi Lewat Pop Melayu. (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Armada merupakan salah satu band Tanah Air yang mengusung konsep pop melayu. Armada muncul di tengah maraknya sejumlah band pop melayu pada era 2000-an.

Grup band yang dipionirkan Rizal sebagai vokalis itu tampaknya tak pernah lekang oleh waktu.

Sejak muncul pada 2007 di industri musik Tanah Air, lagu Armada banyak diperdengarkan di mana saja. Bahkan hingga saat ini lagu Armada masih kian terdengar santer di telinga publik.

Berbeda dengan band pop melayu lainnya, Armada hingga kini tampak masih dalam masa kejayaannya.

Rizal Armada menjelaskan, ia dan personel lainnya memang selalu berusaha untuk menciptakan lagu. Hal itu rupanya menjadi tanggung jawabnya dan personel lainnya. Bukan semata-mata mempertahankan eksistensi mereka.

"Jaga eksistensi, kalau kami berpikir bukan jaga eksistensi, tapi bagaimana caranya kami bertanggung jawab sama pekerjaan yang kami jalani," ujar Rizal saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"Kami kan musisi, tanggung jawabnya adalah bikin karya terus," tegas Rizal.

Rizal melanjutkan, titik jenuh dalam bermain musik dan menciptakan lagu memang kerap menghampirinya. Terkadang Rizal bahkan dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan lagu Armada.

Namun tak melulu begitu. Rizal juga seting menemukan zona nyamannya sehingga dapat menuliskan lagu bahkan kurang dari lima menit.

"Titik jenuh pasti ada, manusiawi. Kalau bikin lagu susah banget juga kadang-kadang dalam waktu lima menit kita bisa dapat satu lagu full plus lirik. Tapi kadang butuh waktu berbulan-bulan untuk keluarin satu lagu," tutur Rizal lagi.

Bagi Rizal, menjadi sosok di balik kesuksesan nama Armada di industri musik bukan hal yang mudah. Ia dan teman-temannya perlu bertanggung jawab dengan musiknya itu.

Jika ia tinggalkan, maka kemungkinan nama Armada kini sudah redup sejak dahulu.

"Kalau musisinya sudah tidak bikin karya, menurut kami sudah tidak bertanggung jawab lagi dengan pekerjaan. Kalau disambungin ya berarti sudah tidak eksis karena tidak punya karya lagi," tutur Rizal.

Diketahui, band asal Palembang ini sudah banyak mengisi lagu-lagu pop melayu. Lagu Armada bahkan hingga saat ini mudah dihapal banyak orang.

Terbukti melalui lagu Asal Kau Bahagia, Harusnya Aku, hingga Pergi Pagi Pulang Pagi.

Deretan lagu tersebut hingga saat ini masih sering terdengar di mana-mana dan bahkan menjadi lagu andalan Armada saat manggung.

(pig/mau)