Wawancara Eksklusif! Awal Karier Billkin Hingga Sukses I Told Sunset About You

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 18:29 WIB
Billkin
(Foto: dok. Instagram @bbillkin) Dalam wawancara eksklusif detikcom dengan Billkin kali ini, aktor dan penyanyi Thailand itu berkisah soal awal kariernya di industri hiburan.
Jakarta -

"Aku tidak pernah bermimpi untuk jadi terkenal," kata Billkin dalam perbincangan eksklusif dengan detikcom. Sebuah pengakuan yang berbanding terbalik dengan kenyataan: Billkin adalah salah satu bintang bersinar dari Thailand saat ini.

Berkat I Told Sunset About You, Billkin makin disorot sebagai aktor muda dan penyanyi berbakat. Menurut Global Times China, serial Thailand itu mendapat rating 9.5/10 dari situs review Douban dan mengalahkan The Queen's Gambit produksi Netflix di tahun 2020. Di negara asalnya, serial coming of age ini juga diganjar penghargaan Popular Drama Series di 17th Komchadluek Awards, Best Online Drama/Series dan Best Original Screenplay for Online Drama Series di 12th Nataraj Awards.

Billkin memerankan karakter remaja SMA bernama Teh di I Told Sunset About You. Seperti kebanyakan remaja, Teh sedang dalam proses pencarian jati diri ketika dia dihadapkan dengan perasaan-perasaan rumit terhadap teman masa kecilnya. Kita diajak mengikuti perjalanan hidup Teh di tahun terakhir SMA-nya yang penuh guncangan dan seperti roller coaster. Kehidupan Teh tak semulus jalan karier Billkin di industri hiburan Thailand.

Sejak kecil, pemilik nama asli Putthipong Assaratanakul itu sudah terpapar tayangan serial televisi, film populer, musik, hingga variety show di layar kaca. Hal itu membuat Billkin jatuh cinta pada semua hal terkait dunia hiburan. Di usia 17 tahun dirinya mulai menapaki karier sebagai bintang layar kaca lalu debut di serial drama setahun kemudian.

Billkin digaet memerankan karakter bernama Tle dalam serial horor Please... Siang Riak Winyan (2017). Dua tahun berselang dia kembali ke layar kaca lewat peran Tao di My Ambulance. Di serial itulah dia beradu akting dengan PP Krit yang kemudian dipertemukan lagi dengannya lewat I Told Sunset About You di 2020. Melalui serial ini, nama Billkin dan PP semakin dikenal tak terkecuali di Indonesia. Salah satu "serial pandemi" ini juga akhirnya membawa lebih banyak orang buat menyaksikan serial Thailand di masa-masa Pembatasan Sosial Berskala Besar kala itu.

Kepada detikcom Billkin bercerita soal titik nol kariernya di industri hiburan.

Meski saat ini dirinya tengah digandrungi remaja, aktor dan penyanyi 22 tahun itu menyebut dirinya tidak pernah bermimpi buat jadi selebriti, apalagi jadi pemain serial dan penyanyi terkenal. Billkin masuk ke industri hiburan Thailand dengan pola pikir yang terbilang sederhana: dia menyukai semua hal terkait dunia hiburan. Beruntung Billkin didukung oleh keluarga buat kariernya tersebut, terutama sang ayah yang akrab dia panggil 'Papa'.

"Semua dimulai dari Papa," kata Billkin. Ayahnya merupakan seseorang yang dekat dengan industri hiburan Thailand dan berteman akrab dengan sosok Piya Sawetpikul, seorang produser kenamaan di Bangkok.

BillkinBerkat I Told Sunset About You, Billkin makin disorot sebagai aktor muda dan penyanyi berbakat. Foto: dok. Instagram @bbillkin

Billkin menyebut Piya Sawetpikul sebagai sosok yang dihormati di industri hiburan. Dia juga jadi salah satu sosok idola Billkin saat kanak-kanak. Semua aktor, penyanyi, dan selebriti yang dilihat Billkin di layar kaca saat kecil menumbuhkan keinginannya untuk berkarier di dunia hiburan Thailand.

"Aku sudah lama mengagumi orang-orang di industri ini, mereka sangat keren dan aku berharap bisa jadi seperti mereka satu saat nanti. Beruntung Papa berteman dengan Kong Piya, lalu dia melihat potensi dalam diriku dan memperkenalkanku ke Nadao Bangkok. Aku bernaung di bawah Nadao Bangkok sejak itu," kisah Billkin.

Lewat Nadao Bangkok, Billkin kebagian peran pendukung di My Ambulance. Melihat antusiasme penonton pada karakter Tao dan chemistry yang kuat yang ditampilkannya dengan PP Krit yang memerankan Tewkao, Nadao Bangkok lalu menggarap I Told Sunset About You.

Kesuksesan I Told Sunset About You membuat Billkin kini jadi salah satu aktor pendatang baru yang kariernya sedang menanjak. Popularitas serial itu sejalan dengan popularitas dirinya. Drama remaja yang berlatar di Phuket tersebut lalu dibuatkan sekuel I Promised You the Moon. Billkin juga telah merilis sederet lagu buat soundtrack dari dua drama tersebut.

Keberuntungan seperti berpihak pada Billkin. Baik I Told Sunset About You dan sederet lagu yang dinyanyikannya buat serial itu diganjar banyak penghargaan. Terakhir serial tersebut keluar sebagai juara di kategori International Drama of the Year di Seoul International Drama Awards 2021. Billkin bersama dengan PP Krit dan Khunpol, dua lawan mainnya di I Told Sunset About You, menghadiri upacara penyerahan penghargaan di Seoul, Korea Selatan, pekan ini.

Melihat kariernya yang terus menanjak seolah tak berhenti, Billkin berusaha untuk tetap membumi.

"Jujur saja aku tidak pernah bermimpi untuk jadi seseorang seperti aku saat ini atau jadi terkenal. Dalam pikiranku, aku hanya ingin mencoba sesuatu, mengeluarkan seluruh kemampuanku, dan bersenang-senang dalam melakukan itu. Hasilnya akan seperti apa kita tunggu dan lihat nanti saja," katanya.

(aay/dar)