Bastille Usung Konsep Ala Fiksi Ilmiah dalam Album Terbarunya

Anarani Kifaya - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 21:04 WIB
Bastille
Foto: dok. Bastille
Jakarta -

4 Februari 2022 menjadi tanggal yang penting bagi Bastille. Pasalnya mereka bakal meluncurkan album terbaru di tanggal itu. Album studio keempatnya diberi judul Give Me the Future. Band yang berasal dari Inggris juga membocorkan daftar lagu dalam album mendatang yang berisi 13 lagu.

Tema dari album Give Me the Future adalah sebuah persembahan untuk kemanusiaan di era teknologi serta mencerminkan keanehan dalam kehidupan yang terasa seperti fiksi ilmiah. Dalam album ini seolah-olah mereka sedang menjelajahi sisi gelap dunia maya.

Dan Smith, sang vokalis, mengatakan bahwa di zaman yang serba daring ini banyak orang yang mudah terbawa perasaan sehingga sulit membedakan mana yang nyata dan tidak. Situasi itu yang menginspirasi Dan untuk pembuatan album ini.

"Mengerjakan album lagu-lagu ini dalam periode apokaliptik, dengan semua orang terjebak di rumah, terpaku pada layar, terbawa ke dalam perasaan bahwa apa yang nyata dan apa yang tidak terkadang menjadi sangat sulit dibedakan," ucapnya seperti yang dikutip dari NME.

Ia melanjutkan, "Kita berada di era banyak berita sangat palsu dan kebohongan yang memimpin dunia. Tapi secara daring, kalian bisa jadi siapapun. Apa yang ada di nalar dan hubungan kita kepada diri sendiri sangatlah besar dan itu menarik."

Meskipun perilisannya masih di tahun depan, namun sepanjang tahun ini mereka sudah melepas empat lagu dari album ini yaitu Distorted Light Beam, Give Me the Future, Thelma + Louise, dan yang terbaru ada lagu No Bad Days, dikeluarkan pada 19 Oktober. No Bad Days menceritakan tentang kehilangan seorang yang dicintai untuk selamanya.

Menyesuaikan dengan gagasan utama album, video klip No Bad Days pun dibuat dengan konsep futuristik. Dalam video ini Dan mencoba mengontrol sebuah robot yang bisa menghidupkan kembali orang yang telah pergi. Tak cuma berakting, Dan juga berperan sebagai sutradara dalam video klipnya.

[Gambas:Youtube]




Sebelum mengeluarkan sederet lagu dari album keempat, Bastille melepas sebuah mini album bertajuk Goosebumps pada Desember tahun lalu dengan lagu andalan What You Gonna Do??? Bersama Graham Coxon dan Survivin. Saat awal pandemi COVID-19, band yang dikenal dengan lagu Pompeii ini terlibat dalam acara amal untuk Live Lounge Allstars dengan meng-cover lagu Times Likes These milik Foo Fighters.

Berikut daftar lagunya:

1. Distorted Light Beam
2. Thelma + Louise
3. No Bad Days
4. Brave New World (Interlude)
5. Back To The Future
6. Plug In...
7. Promises (by Riz Ahmed)
8. Shut Off The Lights
9. Stay Awake?
10. Give Me The Future
11. Club 57
12. Total Dissociation (Interlude)
13. Future Holds (feat. BIM)



Simak Video "Prancis Rayakan Hari Bastille di Ambang Gelombang ke 4 Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)