Ahmad Dhani Pilih Rere Jadi Drummer Dewa 19 Karena Mirip Roger Taylor

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 10:35 WIB
Ahmad Dhani (Intagram @ahmaddhaniofficial).
Ahmad Dhani Pilih Rere Jadi Drummer Dewa 19 Karena Mirip Roger Taylor. (Foto: Ahmad Dhani (Intagram @ahmaddhaniofficial)
Jakarta -

Pergantian personel Dewa 19 sejak dahulu sudah kerap dilakukan. Mulai dari vokalis yang dahulu Ari Lasso, hingga sang drummer, Wawan Juniarso.

Ahmad Dhani sebagai pentolan Dewa 19 kini menjelaskan alasan ia memilih Mochamed Reza atau Rere untuk membantu album Dewa 19 Terbaik Terbaik pada 1995 sebagai additional drummer.

Saat itu Dewa 19 memiliki dua orang kandidat. Selain Rere, Ahmad Dhani juga mengaku ada sosok Ronald yang menjadi kandidat additional drummer untuk menggantikan Wawan Juniarso yang hengkang dari Dewa 19.

Namun rupanya Ahmad Dhani memilih Rere lantaran memiliki permainan drum layaknya Roger Taylor, drummer legendaris dari Queen.

"Sebenarnya secara pribadi drummer favorit saya Roger Taylor dari Queen. Nah Ronald tuh jauh banget tipikalnya dengan Roger Taylor dari Queen. Rere lebih mendekati," ujar Ahmad Dhani pada channel YouTube milik Gofar Hilman, dikutip detikcom, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, mantan suami Maia Estianti itu juga merasa permainan drum Ronald lebih terasa funky.

Meskipun Dewa 19 memiliki lagu-lagu yang funky, Ahmad Dhani merasa bandnya itu tidak mengarah ke aliran yang funky. Sehingga permainan drum Ronald tidak cocok untuk Dewa 19.

"Sampai saat ini, memang Dewa nggak mengarah ke aliran funky, meskipun beberapa ada lagu yang funky," ujar Ahmad Dhani lagi.

"Ronald memang lebih nge-funk. Terus Ronald lebih suka senar yang cenderung Piccolo ya. Kalau Dewa lebih senang main drum senar yang besar-besar," sambungnya lagi.

Bukan hanya perjalanan Dewa 19 mencari additional drummer saja yang cukup menguras tenaga. Nyatanya, Ahmad Dhani juga merasa kurang cocok dengan Aksan Sjuman.

Aksan Sjuman pada 1998 dikeluarkan dsri Dewa 19 lantaran tabuhan drumnya mengarah pada musik bergenre jazz. Saat itu, Ahmad Dhani cs merasa kurang pas dengan kehadiran Aksan Sjuman atau Wong Aksan di Dewa 19.

"Itulah kenapa akhirnya kami agak salah pilih waktu itu memilih Aksan sebagai drummer, karena ternyata selera kami nggak di sana gitu," tutur Ahmad Dhani.

"Kalau gue sebagai produser, intinya drummer yang lebih ke Roger Taylor," tutup Ahmad Dhani.

(pig/mau)