Sosok di Balik Lagu Isabella yang Melegenda, Ada Kisah Cinta Tak Sampai

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 19 Okt 2021 08:22 WIB
Amy Search dari instagram.
Lagu Isabella dari band Search Foto: Dok. Instagram/aku.amysearch
Jakarta -

Siapa yang tak kenal lagu Isabella? Lagu yang dinyanyikan oleh band rock Search, itu sudah dikenal sejak 1989. Isabella masyhur dan legendaris.

Lagu Isabella juga dikenal dengan lirik yang mudah diingat. Bahkan lagu Isabella kerap dinyanyikan musisi berbagai kalangan.

Tentu saja selain di Malaysia, lagu tersebut pernah jadi anthem remaja Indonesia di eranya.

Meski begitu, pencipta lirik lagu Isabella jarang dipublikasikan. Bob Lokman merupakan sosok di balik lirik Isabella. Berikut awal mula terciptanya Isabella.

"Selepas Search menyiapkan rekaman album keempat mereka yaitu Fenomena, saya mendapati tak ada lagu yang betul-betul kuat. Kami perlu cari lagu ganti sedangkan deadline untuk penjualan album sudah dekat," cerita Datuk Aziz Bakar, Pengarah Artis & Repertoire BMG Music, seperti dikutip dari hmetro.com.

"Saya minta M Nasir cari lagu lain dan dia akhirnya tampil dengan lagu hebat Isabella. Lagu ini membawa Search dikenali di Indonesia dan dinyanyikan dalam berbagai genre musik di sana."

Kala itu, Bob masih berusia 25 tahun. Saat sedang duduk di sofa, ia kemudian didatangi komposer Datuk M Nasir di King Studio, Petaling Jaya, Malaysia.

Nasir yang baru keluar dari studio itu pun memberikannya kaset demo milik Search untuk dibuatkan lirik oleh Bob Lokman.

"Nasir keluar dari studio rekaman memberikan saya kaset untuk saya buatkan lirik. Saya tanya pada Nasir, mau ditulis lirik apa? Dia jawab Isabella," ungkapnya.

Bob Lokman mengaku, lirik Isabella ia dapatkan saat sedang mengingat seorang gadis berdarah Melayu dan Inggris.

"Saya sedang berpikir dan berbicara sendiri, ada apa dengan Isabella ini? Tiba-tiba saya teringat pernah mengenal seorang gadis berdarah campuran Melayu-Inggris. Dari situ saya mengembangkan jalan cerita Isabella," ujar Bob Lokman.

"Saya jatuh hati dengannya, tapi cinta saya tak sampai. Ibaratnya, cinta kami hanya semusim saja. Kami pernah nonton konser Allahyarham Datuk Sudirman di Subang Jaya dan itulah yang mencetuskan ilham untuk lirik lagu ini."

Diketahui, Bob Lokman telah menulis 350 lirik selama aktif menjadi pencipta lagu. Bob Lokman mengaku sempat tiga kali mengganti lirik Isabella. Hal itu karena plot cerita Isebella saat itu dianggap tidak memenuhi keinginan.

Bob Lokman mengaku akhirnya menyelesaikan Isabella pada percobaannya keempat kalinya. Lirik itu kemudian menjadi versi final.

Lagu Isabella pun dikenal hingga saat ini, menjadi lagu yang turut membesarkan nama band Search, terutama sang vokalis, Amy Search yang memolesnya menjadi masterpiece.

"Saya tak pernah terpikir (Isabella akan bertahan), tapi saya sentiasa memberikan kredit pada melodi. Lagu itu ketika zaman M. Nasir. Itu masterpiece dia. Isabella ialah benchmark sebenarnya (pada industri musik)," kata Bob lagi.



Simak Video "JS yang Ditangkap adalah Jeff Smith, Baru Bebas dari Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/nu2)