Saat Raisa Terkenang Masa Lalu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 16 Okt 2021 20:26 WIB
Raisa
Foto: dok. Raisa/ Juni Records
Jakarta -

Raisa kini telah menjadi penyanyi kenamaan. Tetapi rupanya sebelum namanya bersinar, perempuan kelahiran 6 Juni 1990 itu melalui berbagai perjalanan ketika merintis karier.

Hal itu ia kenang dalam sebuah unggahan di Instagram. Raisa bercerita dirinya tiba-tiba teringat perjalannya dalam meniti karier tarik suara karena menonton video lamanya yang ia unggah di YouTube.

Menurut pelantun Serba Salah itu, dirinya selalu ingin menjadi penyanyi sejak duduk di bangku sekolah. Oleh sebab itu, ia memulainya dengan manggung dari kafe ke kafe bersama bandnya semasa itu.

"Duh tiba-tiba feeling nostalgic pas nontonin video lama di YouTube. Ingat banget waktu SMP ingin banget jadi penyanyi tapi masih belum berani," bukanya dalam sebuah keterangan foto di Instagram-nya, @raisa6690.

[Gambas:Instagram]



Dalam tulisannya itu, Raisa mengenang bahwa demi mewujudkan impiannya menjadi penyanyi, ia harus membagi waktunya antara bekerja dan belajar karena saat itu ia masih duduk di bangku sekolah.

"Akhirnya waktu SMA aku mulai join band sama teman-teman sekolah dan nyanyi di YouTube. Waktu itu, rasanya susah dan penuh ups and downs. Nggak gampang bagi waktu nyanyi sampai malam banget padahal besoknya ada kelas pagi," kisahnya.

Ia pun mengenang momen dirinya menjajal kemampuannya bernyanyi dari panggung ke panggung sebelum akhirnya bisa mempertunjukan kebolehannya secara profesional dan merekam album.

"Manggung dari kafe ke kafe, kirim-kirim demo lagu ke radio-radio, sampai akhirnya bisa show nyanyi sendiri bareng band aku," kenangnya.

Raisa pun mengatakan bahwa untuk mewujudkan keinginannya menjadi nyata, diperlukan usaha yang maksimal.

"Benar-benar perlu niat yang kuat dan kerja keras. And finally, aku bisa rilis single pertama aku, Serba Salah, yang alhamdulillah dapet banyak respons positif," ujar Raisa.

"Sempat nggak nyangka sih awalnya, ternyata banyak yang suka," sambung dia.

Di awal mula kariernya, Raisa memang sempat mengisi vokal untuk band yang juga beranggotakan Kevin Aprilio. Selain itu, Raisa juga kerap membuat cover dari lagu-lagu penyanyi kenamaan di YouTube, serta mengunggah karya lagunya di MySpace.

Perlahan-lahan, namanya mulai dikenal di kalangan pecinta musik hingga akhirnya pada 2011 ia merilis album perdananya yang memuat sejumlah lagu, di antaranya Serba Salah, Could It Be, Apalah (Arti Menunggu), dan lain-lain.



Simak Video "Raisa yang Rela Tunda Syuting Demi Nonton Thomas Cup"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)