IQIF Belajar Jadi Manusia di Album Perdana

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 13 Okt 2021 09:29 WIB
IQIF
Foto: Deby Sucha/ dok. IQIF
Jakarta -

IQIF yang sebelumnya dikenal sebagai drummer Stereocase kini mencoba peruntungannya dalam hal baru di ranah musik, yakni dengan bersolo karier. Setelah merilis sejumlah single, ia kini mengeluarkan album perdananya yang bertajuk #1.

Dalam album tersebut, IQIF mencoba menuangkan berbagai perasaan yang dirasakan oleh manusia. Baginya, perasaan sedih, kecewa, dan gelisah adalah sesuatu yang harus diakui karena hal itu manusiawi. Pesan itu yang ia tuangkan dalam materi di albumnya.

"Sebuah hal yang wajar untuk merasakan sesuatu, untuk merasa sedih, merasa kecewa, atau bahkan merasa gelisah karena semua itu manusiawi. Begitulah cara kerja manusia dan dengan belajar merelakan mungkin adalah kuncinya," ungkap IQIF.

Menurut IQIF, lagu-lagu dalam album perdananya ia tulis sebagai teman yang melipur laranya ketika mengalami suatu perjalanan hidup. Hanya saja, susunan lagu dalam albumnya tidaklah berurutan.

"Gue sebenarnya tertarik untuk nyusun lagunya dari (yang diciptakan saat sedang) ngaco-ngaconya, down banget, sampai bangkit lagi. Tapi ternyata secara tracklisting nggak enak, jadi (susunan lagu dalam album ceritanya) nggak nyambung-nyambung sih," jelasnya.

Pria yang juga sempat menjadi pemusik pengiring untuk sejumlah musisi, di antaranya Bam Mastro, Neonomora, dan lain-lain, itu mengaku bahwa bersolo karier adalah salah satu hal yang membuatnya terus gembira.

Saat sedang mengenyam pendidikan untuk gelar masternya, IQIF pernah berencana untuk keluar dari dunia musik. Hanya saja, rupanya hal itu membuatnya tidak nyaman.

Baginya, musik adalah sesuatu yang membuatnya bahagia. Oleh karena itu, pada akhirnya ia memutuskan untuk terus berkarya dengan bersolo karier.

"Gue harus bikin karya sih, tetap ada karya, punya form, itu yang paling bikin gue bahagia kayaknya. Gue harus tetap jalan karena gue ada di titik jenuh, not productive tuh adalah hal yang paling sedih buat gue. Mimpi terbesar gue adalah untuk bisa berkarya sampai tua sih," ujar IQIF.

"Gue pernah ninggalin musik cuman enam bulan terus gue ada anxious atau apa, setelah 6 bulan itu Neonomora yang ngajak gue balik main musik. Setelah main musik lagi hidup gue bisa lebih waras," sambungnya.

Bersamaan dengan keluarnya album perdana IQIF, dirinya sekaligus merilis single berjudul Humane beserta video klipnya. Adityar Andra dan Krishna Wardhana menjadi sutradara dari video klip Humane.



Simak Video "Jadi Penyanyi, Anak Ferdy Element Akui Ada Bayang-Bayang Nama Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)