Fatin Rilis Dalam Teduh sebagai Prekuel Jingga

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 15:48 WIB
Fatin
Foto: dok. Sony Music Entertainment Indonesia/ Fatin
Jakarta -

Masih ingat single Jingga yang dirilis Fatin pada 2018? Rupanya musisi bernama lengkap Fatin Shidqia Lubis itu mengeluarkan lagu yang menjelaskan kisah yang ingin ia tuturkan sebelum Jingga. Lagu yang menjadi prekuel dari karya terdahulunya itu ia beri judul Dalam Teduh.

"Dari deretan lagu yang akan ada di album kedua aku nantinya, Dalam Teduh posisinya adalah sebelum lagu Jingga yang sudah terlebih dahulu dirilis," ungkap Fatin dalam siaran pers yang diterima detikcom.

"Jika Jingga adalah lagu tentang akhirnya melepaskan, maka Dalam Teduh adalah situasi dimana masih berharap bisa mempertahankan sebuah hubungan. Ibaratnya, lagu ini adalah pemikiran yang hadir setelah badai, dalam situasi tenang meminta untuk bertahan mengingat berbagai janji dan perjalanan yang sudah dilewati," terangnya lagi.

Dalam Teduh digarap Fatin bersama Nadya Fatira yang juga berperan sebagai produser dan komposer. Mereka menggarapnya dengan melakukan lokakarya bersama, lalu Fatin menulis liriknya.

Bagi Fatin, lirik dari Dalam Teduh berangkat dari pengalaman personalnya dan hal-hal yang dia rasakan dalam suatu hubungan.

"Menurut opini pribadi aku sebagai composer, Fatin itu anaknya sangat logis dan praktikal. Dia nggak mau ada susunan kalimat dalam lirik lagunya yang menurut dia nggak bisa relate ke kehidupan nyata. Jadi dia tipe yang butuh waktu cukup lama untuk menimbang-nimbang dalam memilih kata yang tepat dalam penulisan lagu," ujar Nadya Fatira.

Secara musik, Dalam Teduh merupakan lagu yang kental dengan nuansa akustik. Menurut Nadya Fatira, hal itu bukan tanpa alasan. Pemilihan musik yang demikian terbilang sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Fatin.

"Dari awal Fatin memang meminta ingin lagu ini terdengar simpel musiknya. Jadi aku balut Dalam Teduh ke dalam pop akustik dengan isian yang nggak jelimet, dengan sedikit sentuhan strings section dari tengah lagu supaya terdengar manis dan menyentuh," jelas Nadya.

Tidak hanya merilis lagunya begitu saja, Fatin juga sekaligus menggarap video klip dari Dalam Teduh. Kali ini, ia kembali bekerja sama dengan sutradara Raden Galih Okasetya dari rumah produksi Lumana Studio.

Sebelumnya, Fatin dan Galih telah bekerja sama dalam penggarapan video klip Jingga.



Simak Video "Positif Corona, Kondisi Fatin Shidqia Sempat Mengkhawatirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)