ADA Band Rilis Lagu Baru, Pakai Teknologi Keren

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Jumat, 01 Okt 2021 06:20 WIB
Ada Band formasi baru
ADA Band Rilis Lagu Baru, Pakai Teknologi Keren. (Foto: ist.)
Jakarta -

ADA Band kembali menelurkan karya terbarunya berjudul Berharap Cinta. Single tersebut dirilis di label asal Surabaya, Astaswara Kreasindo, dan menjadi lagu ketiga setelah Indra Perdana Sinaga atau Naga bergabung di ADA Band.

Uniknya, saat take vokal, para personel ADA Band berada di kota yang berbeda. Memang Naga melakukan take vokal di Surabaya.

"Iya kemarin kita rilis di portal digital single Berharap Cinta. Prosesnya sebenarnya selama pandemi cukup unik. Lagi-lagi waktu itu Naga isi suara dari Surabaya, Marshal di Jakarta, dan Adi di Solo," ucap pemain bass ADA Band, Dika Satjadibrata, dalam konferensi pers virtual.

"(Kenapa berbeda kota) Tetap dalam satu komposisi yang pertama didengar itu vokal, itu krusial. Mungkin bisa by email dan lain, tapi kalau bisa berdekatan bisa dari hati ke hati," lanjutnya.

Disinggung soal kesulitannya, menurut Dika, tak begitu signifikan. Pasalnya, Naga sangat nyambung dalam segi materi dan lirik, meskipun ada unsur orkestra dalam lagu ini.

"Lagu Berharap Cinta gue baru bikin notasinya dan gue share, Naga respons reff-nya catchy banget. Berkembang, lirik juga sempat bongkar pasang, bikin aransemen orkestra dikirim ke Jakarta diisi sama Ava Orchestra," katanya.

Namun menurut Dika, ada sebuah teknologi bioskop yang disematkan dalam lagu ini, yaitu Dolby Atmos. Meski demikian, secara proses rekaman sama, namun mixingnya saja yang berbeda.

"Selain tetap bisa dengerin ciri khas ADA Band, kalau diperhatiin mixing dan mastering di Berharap Cinta ini kita pakai teknologi Dolby Atmos. Itu kayak nonton bioskop. Ada pengalaman lain ya. Jadi namanya spesial," kata Dika.

"Secara teknik rekaman sama, lebih ke proses mixing. Ada istilahnya isolate, jadi ada vokal sendiri, ada piano, gitar, bass, orkestra itu dibagi. Jadi kayak ada 5 sampai 8 speaker di sekitar kita, seperti nonton live. Digital platform yang mengakomodir saat ini baru Apple Music," tutur Dika lagi.

Soal teknologi Dolby Atmos, menurut Naga, masih jarang diaplikasikan di karya lagu yang beredar di Indonesia.

"Rilisan musik di Indonesia sendiri memang masih dikit yang menggunakan teknologi Dolby Atmos," lanjut Naga.

Sementara itu, Berharap Cinta juga dirilis secara music video. Naga mengatakan bahwa konsep videonya sangat nyambung dengan lagu sebelumnya Tak Lagi Cinta dan masih berkesinambungan dengan album ADA Band yang akan dirilis bertajuk Love, Hope, Reality.

"Kalau MV menggambarkan banget iya, jadi ada beberapa hal yang sudah jadi konsep kita. Love, Hope, Reality itu konsep kita dan Tak Lagi Cinta itu sebenarnya kita buat konsep ceritanya, nah di MV Berharap Cinta karena storynya sendiri mewakili konsep Love, Hope, Reality. Kalau ceritanya kayak prekuel, tergantung lihatnya," kata Naga.

"Bersambung dari Tak Lagi Cinta yang rilis Januari dan ini Berharap Cinta memang MV-nya seperti mini drama, ada dialognya. Jadi di durasi 6 menit itu drama sih. Tapi secara konsep Tak Lagi Cinta, Berharap Cinta dan lagu yang mewakili Reality, nantinya akan berkaitan," pungkas Naga.

(fbr/mau)