Akhirnya, Rhoma Irama Jelaskan Alasan Berpisah dari Elvy Sukaesih

Tim detikcom - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 11:02 WIB
Rhoma Irama nyanyi di 50 tahun Soneta berkarya.
Akhirnya, Rhoma Irama Jelaskan Alasan Berpisah dari Elvy Sukaesih (Foto: Instagram)
Jakarta -

Jauh sebelum Anang-Ashanty dikenal sebagai pasangan duet, Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih adalah rekan kolaborasi paling top pada masanya. Keduanya terbukti sudah melahirkan puluhan lagu bersama.

Sayangnya, jalan mereka harus terpisah. Hal tersebut membuat para penggemar merasakan kerinduan yang mendalam.

Sejak tidak lagi bersama, Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih belum menjelaskan apa alasan mereka akhirnya bermusik sendiri-sendiri.

Rhoma Irama akhirnya membahas lagi momen itu. Ia coba mengingat apa yang sebenarnya terjadi sehingga duet mautnya dengan Elvy Sukaesih terhenti.

"Soal ini, kenapa kami pisah, kisahnya juga saya nggak ngerti ya," ujar Rhoma Irama di Podcast Bisikan Rhoma.

Elvy Sukaesih yang kebetulan juga ada pada kesempatan yang sama pun ikut mengingatnya. Ia mengaku yang diingat hanya pertemuan dengan Sang Raja Dangdut.

"Tapi sebelum 26 tahun kita pernah ketemu di daerah Parung, nyanyi lewatin pematang. Di situ lagu lagi ngetop-ngetopnya 'Datang Untuk Pergi'. Karena yang punya hajat itu ingin nyanyi Rhoma dan Elvy. Kita ketemu dan aku liat ente kayak gimana gitu," ucap Elvy Sukaesih.

Ternyata perpisahannya dengan Elvy Sukaesih ada kaitannya dengan Orkes Melayu Purnama yang dipimpin Awab Purnama. Keduanya berpisah jalan yang kemudian berbuntut ke duet dengan Elvy Sukaesih.

"Kemarin saya sudah cerita kenapa saya keluar dari Purnama. Waktu itu ada Pak Amin dari Musica waktu itu (labelnya) masih Metropolitan, akhirnya dia yang memisahkan saya dari Awab. Padahal waktu itu saya sama Awab masih komit, bahwa hidup mati kami di Purnama," kata Rhoma Irama menjelaskan.

Seperti diketahui, duet Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih terjadi sebelum lahirnya Soneta.

"Jadi waktu itu banyak produser yang minta, termasuk Amin itu, saya nggak mau. Pokoknya sama Awab. Pendek cerita kemudian Pak Amin menemui ibu saya, saya akhirnya nggak bisa melawan ibu. Akhirnya saya mau karena ibu yang minta. Daripada, 'Kalau nggak, lu nggak usah minta doa lagi sama gue'. Begitu kira-kira. Pisahlah saya sama Purnama, sama Awab," beber Rhoma Irama.

Sebenarnya, setelah Soneta Grup lahir, Rhoma Irama masih menggandeng Elvy Sukaesih. Ada beberapa album yang lahir dari duet mereka.

"Di soneta kami masih duet, ada lagu 'Ratu dan Raja', dan beberapa album. Dari situ nggak lama, berpisah lah kami. Wallahu alam, saya lupa kenapa-kenapanya. Berpisah sampai kurang lebih 26 tahun, kemudian dipertemukan lagi di pentas," tutur Rhoma Irama.

(dar/dal)