Kenalan dengan Bilboysan yang Awali Tulis Lagu karena Putus Cinta

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 17 Sep 2021 13:04 WIB
Bilboysan
Foto: dok. Bilboysan
Jakarta -

Billy Boy Santoso atau yang dikenal sebagai Bilboysan kini telah merilis setidaknya empat lagu, yakni Confessions, Social Distance, Whiskey On the Rocks, dan yang terbaru Way Home.

Dirinya kini terlihat semakin serius terjun ke dunia musik. Terlebih, saat ini ia juga tengah menyiapkan materi untuk album yang sebentar lagi akan rampung.

Awal mula karier Bilboysan di dunia musik terjadi dengan terbilang cukup kebetulan. Sejak kecil, ia memang telah menyukai musik dan kerap kali berpartisipasi dalam pentas seni ketika masih duduk di bangku sekolah. Ia kemudian menyadari bahwa bermusik adalah panggilan jiwanya.

Tetapi saat itu, Bilboysan belum terpikir untuk menekuni dunia musik sebagai pekerjaan. Namun, arah hidupnya mulai berubah pada 2017.

"Teman baik saya memperkenalkan saya ke new school hiphop di Shanghai. Waktu itu kami hanya bercanda kalau kami akan membuat lagu sendiri suatu hari," kenangnya dalam wawancara virtual dengan detikcom.

Pada 2019, Bilboysan mengalami patah hati. Hubungan asmara dengan kekasihnya saat itu kandas di tengah jalan. Bingung untuk meluapkannya kemana, ia pun mencoba menulis lagu.

"Saya mencoba untuk menuangkan perasaan yang saya rasakan pada saat itu dengan cara menulis lagu. Awalnya saya nyari online studio rumah yang murah di Sydney dan merekam draft pertama saya," tuturnya.

Bilboysan pun semakin serius untuk menekuni dunia musik setelah kembali ke Indonesia. "Setelah balik Jakarta untuk liburan, saya diperkenalkan ke All Good Music Indonesia dan dari situ lah karier saya mulai," kisahnya.

Menurut Bilboysan, dirinya banyak mendengarkan lagu-lagu milik musisi yang berasal dari berbagai genre. Akan tetapi, untuk musiknya, ia memiliki sejumlah nama spesifik yang ia anggap mempengaruhi arah bermusiknya.

"Idola saya di musik ada banyak banget. Queen, The Beatles, The Police, Jamrud, Iwan Fals, dan banyak musisi atau band legendaris. Tapi untuk inspirasi terbesar lagu-lagu yang saya menciptakan adalah Post Malone, Juice WRLD, Nav, Khalid, Young Thug, dan Migos," sebutnya.

"Musik saya adalah kombinasi dari berbagai inspirasi saya dan saya rasa melodi dan musik yang saya tulis tidak akan terdengar menarik tanpa mereka. Mereka yang bantu membentuk suara saya dari awal dan membantu pertumbuhan saya," katanya lagi.



Simak Video "Jadi Penyanyi, Anak Ferdy Element Akui Ada Bayang-Bayang Nama Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)