Musik Jadi Cinta Pertama Titi Radjo Padmaja

Tim Detikcom - detikHot
Minggu, 12 Sep 2021 13:38 WIB
Titi Radjo Padmaja
Foto: dok. Titi Radjo Padmaja
Jakarta -

Titi Radjo Padmaja (dulu dikenal sebagai Titi Radjo Bintang) tak pernah jauh dari dunia musik. Bila sebelumnya ia dikenal sebagai drummer, kini ia menjajal dunia tarik suara.

Bisa dibilang musik adalah cinta pertama dari perempuan yang juga berprofesi sebagai aktris itu. Menghabiskan masa kecil di Padang, Sumatera Barat, Titi Radjo Padmaja tumbuh dalam lingkungan yang mendengarkan musik dangdut dan Melayu.

Uniknya, berbeda dari lingkungan sekitarnya, Titi di masa kecil justru tertarik pada musik klasik. Di usia belia, ia telah mampu memainkan piano dengan mempelajarinya secara otodidak.

"Dari kecil di saat waktu aku lagi di Padang, Sumatera Barat, semua orang dengerinnya dangdut, Melayu, tapi aku saat itu sudah senang musik klasik, Beethoven, Bach, Mozart. Terus aku juga sudah mulai main piano otodidak. Kalau ada yang datang ke rumah, aku disuruh main, aku sudah bisa main sendiri. Dari kecil sudah bisa main piano," kenangnya dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Perempuan kelahiran 10 Februari 1981 itu baru mengenal drum ketika duduk di bangku SMA. Saat itu, dia dan teman-temannya berencana membuat band. Titi Radjo Padmaja pun diminta untuk mengisi posisi drum.

"Ternyata aku suka banget main drum. Aku terusin les drum sampai kuliah," kata Titi Radjo Padmaja.

Seiring dirinya beranjak dewasa, ia pun semakin yakin bahwa musik adalah pilihan hidupnya. Karena pada mulanya tidak mendapat izin dari orang tua untuk mengambil jurusan musik di perguruan tinggi, Titi Radjo Padmaja pun berkuliah di jurusan Manajemen Informatika.

Tetapi, tekadnya yang kuat untuk mempelajari musik lebih dalam membawanya membuat keputusan berani. Setelah beberapa waktu bersekolah di jurusan Manajemen Informatika, dia akhirnya mendaftarkan diri ke sekolah musik untuk mempelajari kecintaannya itu secara formal.

"Akhirnya aku nekat ambil kuliah musik. Jadi aku S1 musik, major instrument-nya drum dan minor-nya piano. Kalau di perkuliahan musik kan harus ambil dua instrumen, major dan minor," kisahnya.

Meski lebih dikenal sebagai drummer, tetapi menurut Titi Radjo Padjama, mempelajari piano juga membantunya dalam banyak hal.



Simak Video "Potret Bahagia Titi Rajo Bintang Lahirkan Anak Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)