Pun Aku Jadi Album Personal Iwan Fals

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 03 Sep 2021 20:04 WIB
Iwan Fals mengeluarkan album barunya yang berjudul Pun Aku bertepatan di hari ulang tahunnya.
Foto: dok. Musica & Tiga Rambu/ Iwan Fals
Jakarta -

Iwan Fals baru saja merilis album ke-42 miliknya dengan judul Pun Aku. Dalam penggarapan album itu, dirinya dibantu oleh Lafa Pratomo dan Rambu Cikal sebagai produser.

Bagi Iwan Fals, Pun Aku merupakan sebuah album yang personal. Menurutnya, selama ini dirinya telah banyak menulis mengenai orang-orang lain dan hasil pengamatannya tentang kondisi sekitar. Pun Aku pun menjadi momentum bagi pria kelahiran 3 September 1961 itu untuk menulis mengenai dirinya sendiri.

Sentuhan personal itu salah satunya terasa dari pada proses pemilihan lagu yang masuk dalam album. Tidak semua lagu yang ada merupakan lagu baru, ada beberapa yang dipilih dari tabungan lagu milik Iwan Fals yang tersimpan sekian tahun.

"Personal banget (pemilihan lagu), ngikutin hati Papa, ngikutin mood aku. Kalau sudah enak ya enak," kata Rambu Cikal dalam sesi bincang virtual, Jumat (3/9/2021).

Ketika memilih lagu yang akan masuk dalam album bersama Cikal dan Lafa, Iwan Fals memilih untuk percaya pada dua produsernya tersebut. Terlebih, selain produser, Cikal juga merupakan buah hatinya yang ia anggap begitu mengenal dirinya.

"Dan saya nggak khawatir. Setiap lagu yang ku buat aku memang curhat. Aku suka, sudah curhat. Nggak dilebih-lebihkan. Ya sudah bismillah saja. Cikal juga dia sudah bukan anak-anak lagi," timpal Iwan Fals.

Salah satu hal yang personal bagi Iwan Fals tercermin dalam lagu berjudul Selamat yang didapuk sebagai single ketiga bagi albumnya. Lagu itu dirilis sebagai single bersamaan dengan dilepasnya album Pun Aku dan juga hari ulang tahunnya.

"Hampir semua orang mengalami ulang tahun. Saya ingin juga ini hari jadi hari yang penuh doa. Rupanya lagunya berjodoh untuk saya sendiri dan yang lahir di hari ini. Ya saya ingin bikin lagu buat ulang tahun karena itu peristiwa sakral," tutur Iwan Fals.

"Jadi sebenarnya lagu ini pernah saya nyanyiin buat keluarga, lalu ada teman saya, ada (pekerja di divisi) kreatif saya di Tiga Rambu (manajemen Iwan Fals). Lalu lahir begitu saja. Lalu dipilih sama Cikal jadi lagu yang khusus. Ya, sekali-kali menyenangkan diri sendiri," sambung dia.

Ada 12 lagu dalam album Pun Aku, termasuk di dalamnya intro berjudul Pun yang ditulis oleh Lafa Pratomo dan outro berjudul Aku yang ditulis oleh Rambu Cikal.

Menurut Iwan Fals, Pun dan Aku adalah lagu yang menjadi rangkuman dari seluruh nomor yang ada dalam album. Pria bernama asli Virgiawan Listanto mempercayakan dua produser yang mendampinginya menggarap album itu untuk menulis lagu pembuka dan penutup tersebut.

"Kamu (bicara pada Lafa) yang menyaksikan saya sama Cikal. Pergulatannya buat saya, yang paling tahu Lafa sama Cikal. Ya sudah bikin," ungkap Iwan Fals.



Simak Video "Iwan Fals Diduga Palsukan Surat Pendirian Organisasi OI"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)