Iwan Fals Gandeng Sandrayati Fay dalam 16/01

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 30 Jul 2021 19:24 WIB
Iwan Fals & Sandrayati Fay
Foto: dok. Iwan Fals & Sandrayati Fay/ Musica Studios
Jakarta -

Iwan Fals merilis single baru berjudul 16/01. Lagu itu merupakan pembuka dari album baru yang akan dikeluarkan oleh musisi kawakan bernama asli Virgiawan Listanto tersebut pada September 2021 mendatang.

Dalam 16/01, Iwan Fals menggandeng seorang musisi perempuan asal Bali bernama Sandrayati Fay. Sebelumnya, Sandrayati Fay telah dikenal sebagai solois dan anggora dari trio Daramuda Project bersama Rara Sekar dan Danilla.

16/01 adalah lagu yang memiliki lirik naratif, sebagaimana gaya yang telah menjadi ciri khas Iwan Fals. Dalam lagu itu, Iwan Fals berceloteh tentang berbagai permasalah di dunia dan problem yang lahir karena adanya pandemi virus COVID-19.

Di akhir lagu, Sandrayati Fay menambahkan sebait lirik yang merupakan pengingat untuk tetap menjaga kewarasan di tengah berbagai isu yang terjadi, termasuk adanya pandemi virus Corona.

"Ini cuman sebagian-sebagian penggalan yang saya catat saja. Saya juga nggak tahu ini tentang apa, tapi saya harus menulis lagu, saya harus survive untuk hidup. Kemudian ada ini dan itu, saya hanya bagian kecil dari itu saya. Intinya cinta, bahasa cinta kan macam-macam," ujar Iwan Fals dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/7/2021).

Sandrayati Fay menambahkan, 16/10 merupakan potret dari apa yang terjadi belakangan. Liriknya pun bagaikan percakapan sehari-hari yang dituliskan secara harfiah tanpa banyak kiasan dan metafora.

"Seperti ada jendela ke dalam kehidupan yang memang kesehatian. Ini jujur saja, jadi sangat gampang untuk relate ke (lagu) itu," ungkap Sandrayati.

Judul 16/01 dipilih Iwan Fals sebagai judul karena menandakan dimulai dan diakhirinya penulisan lagu tersebut. Lagu itu mulai ditulis pada 16 November 2020 dan selesai di 1 Juni 2021.

Di akhir lagu, ada ajakan dari Iwan Fals dan Sandrayati Fay untuk memandang berbagai permasalahan, terutama masa pandemi, dengan sudut pandang yang lebih optimis.

"Ya harus dong (optimis), cuman kan saya, ayok sama-sama kita bangun ini hidup kita bareng, harus kita selesaikan sama-sama. Ya, kalau optimis tuh. Saya merasa musik itu jadi obat buat saya. Kalau saya ambil gitar, rasanya tenang, rasanya damai," jelas Iwan Fals.

Penggarapan 16/01 juga melibatkan sejumlah pihak selain Iwan Fals dan Sandrayati Fay. Annisa Cikal Rambu yang merupakan anak dari Iwan Fals menjadi produser dari lagu itu bersama dengan Lafa Pratomo.

Pembuatan video klip dari 16/01 juga dipercayakan pada Upie Guava sebagai sutradara. Pengambilan gambar dilakukan secara jarak jauh dari tempat masing-masing. Video klip itu akan mulai ditayangkan pada Minggu, 1 Agustus 2021.

Nantinya, di album, Iwan Fals juga akan melibatkan sejumlah musisi lainnya, yakni Nadin Amizah, NonaRia, Rara Sekar, Danilla, dan lain-lain. Kolaborator yang ada dalam album, bakal ditampilkan Iwan Fals di video klip 16/01.



Simak Video "Iwan Fals Diduga Palsukan Surat Pendirian Organisasi OI"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)