Vira Talisa Banyak Belajar Setelah Berkarier di Musik

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 22 Agu 2021 18:44 WIB
Vira Talisa
Foto: Vira Talisa (Saras/detikHOT)
Jakarta -

Vira Talisa kini menjalani karier bermusiknya secara serius. Ada banyak karya yang telah ditelurkannya dan membuat namanya kian dikenal.

Namun, sebenarnya perempuan kelahiran 9 Agustus 1993 itu telah lama tertarik pada dunia tarik suara. Hanya saja, dirinya baru benar-benar berani menunjukkan bakatnya itu ketika duduk di bangku perkuliahan di Prancis.

"Gue tuh suka nyanyi dari SMP sebenarnya, cover-cover lagu, cuman gue nggak pernah secara formal belajar nyanyi. Yang bikin gue sadar gue bisa nyanyi genre tertentu itu kayaknya waktu kuliah sih," kenang Vira Talisa dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Ketika mulai menggarap mini album pertama, Vira Talisa pun mengaku masih belum menyadari pentingnya mempelajari teknik vokal yang baik dan benar.

Seiring berjalannya waktu, pengalaman demi pengalaman yang ia lalui membuatnya kian belajar bahwa kemampuan bernyanyi juga harus didukung dengan penguasaan terhadap teknik vokal.

"Harus gue akui waktu gue rekaman EP (mini album) pertama kali, gue nggak bisa nyanyi sama sekali, maksudnya teknis wise, gue nggak ada (bekal). Cuman gue pede aja dengan karakter gue," ujar Vira Talisa.

Saat itu, dalam pandangan Vira Talisa, materi musik jauh lebih penting ketimbang teknik vokal.

"Masih muda dan masih bebal, pas disuruh orang les nyanyi, gue kayak, 'Nggak ah, emangnya gue penyanyi? Gue kan, I'm all about the music'. Waktu awal-awal tuh gue masih kayak nyanyi tuh nggak terlalu penting secara teknik," kisahnya.

Setelah sekian waktu menjalani profesinya sebagai penyanyi, barulah Vira Talisa akhirnya menyadari hal itu dan memutuskan belajar olah vokal. Diakuinya, semenjak memutuskan menjadi musisi secara profesional, ia pun perlahan mulai banyak terbuka akan hal-hal yang sebelumnya tidak diketahuinya.

"Sampai akhirnya ketika gue pulang (dari Prancis ke Indonesia) dan berkarier, gue dihantam, kalau lo manggung tiap minggu terus nggak ada latihan nyanyi tuh hancur. Gue berkali-kali manggung benar-benar voice crack sampai akhirnya gue kapok sendiri," tuturnya.

Kini, Vira Talisa menyadari bahwa bernyanyi bukanlah sekadar bakat. Lebih dari itu, untuk menjaga suara tetap prima, diperlukan jam terbang dan disiplin latihan.

"Sampai akhirnya gue belajar kalau bernyanyi itu bukan masalah lo terlahir untuk bisa nyanyi atau nggak, lo harus latihan sih benar-benar," katanya.



Simak Video "K-Talk: Main Game 'The Best of Me' Bareng HYO"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)