Berkat Internet, bbno$ Bisa Terkenal

ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Berkat Internet, bbno$ Bisa Terkenal

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 20 Agu 2021 14:04 WIB
bbno$
Foto: Mats Schram / dok. bbno$
Jakarta -

Alexander Leon Gumuchian atau yang dikenal dengan nama panggung bbno$ kini mengatakan dirinya kian serius menapaki kariernya di dunia musik. Dirinya pun bercerita mengenal musik secara tidak sengaja.

Sebelumnya, ia bukan lah orang pernah bermimpi untuk terjun ke dunia musik sejak lama. Ia bahkan mengaku bukan lah pendengar musik yang mengeksplorasi berbagai jenis musik sebelumnya.

Namun, navigasi hidupnya justru berubah drastis ketika seorang teman memperkenalkan padanya cara membuat lagu dengan menggunakan laptop.

"Suatu hari aku sedang nongkrong dengan teman-temanku dan temanku berkata dia memiliki Macbook Pro dan kami bisa membuat lagu dengan laptop itu. Lalu aku mencoba untuk membuat lagu, ketika mendengarkan hasil lagunya, aku tertawa mendengar kata-kataku," ceritanya dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Musisi asal Kanada itu melanjutkan, "Meski demikian aku tiba-tiba langsung merasa, ini adalah hal yang ingin ku lakukan dalam hidup. Meski sebenarnya aku butuh waktu lama untuk benar-benar terjun ke dunia musik, tapi momen itu adalah momen yang mengubah hidupku."

"Sejak itu aku menggali berbagai hal tentang musik lebih dalam. Sebelumnya aku tidak pernah ingin jadi musisi dan tidak terlalu mendengarkan musik juga," sambungnya.

Dirinya kemudian membuat lagu dan mengunggahnya di Soundcloud. Dari situs itulah namanya mulai dikenal dan orang-orang mulai mendengarkan karyanya.

bbno$bbno$. Foto: Mats Schram / dok. bbno$

Dalam kesempatan itu, bbno$ mengatakan bahwa internet membawa pengaruh besar terhadap karier dan keputusan hidupnya untuk bermusik.

"Bila tidak ada internet, mungkin aku tidak akan menjadi musisi. Bila aku harus mengurutkan satu hingga 100 persen berapa besar Soundcloud dan internet berpengaruh pada kesuksesan karierku, mungkin aku akan menjawab 125 persen. Internet adalah aku dan aku adalah internet," ungkapnya.

Ketika ditanyai mengenai arti dari bbno$ (dibaca baby no money), dirinya pun menjelaskan bahwa sebelum bersolo karier, ia tergabung dalam kolektif bernama BBG yang merupakan singkatan dari Broke Boys Gang. Dalam kolektif itu, dirinya memiliki nama panggung baby freestyle.

Selain itu bbno$ juga merupakan penggambaran dari dirinya yang memiliki gaya hidup hemat.

"Aku adalah orang yang amat hemat. Aku tidak suka mengeluarkan uang terlalu banyak. Aku tidak peduli dengan itu. Selain itu, bbno$ juga terdengar bagus. Dalam karierku dulu, aku tidak pernah mengejar uang meski kini lewat musik aku telah menghasilkan uang," jelasnya.



Simak Video "APMI Siapkan Aturan Baku soal Penyelenggaraan Konser Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT