Ahmad Dhani Puji Lagunya Versi Maliq & D'Essentials: Cover Luar Biasa

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 18 Agu 2021 14:26 WIB
Selebriti, Artis, Penyanyi,
Ahmad Dhani. Foto: Ismail (detikhot)
Jakarta -

Membawakan ulang lagu yang telah melekat pada karakter penyanyi aslinya tentunya bukan hal mudah. Hal itu yang juga dialami Maliq & D'Essentials saat membawakan kembali lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani.

Maliq & D'Essentials mendaur ulang Aku di Sini Untukmu dan Kamulah Satu-Satunya milik Dewa 19 dari album Pandawa Lima (1997) dan Aku Cinta Kau dan Dia dari album Ideologi Sikap Otak (1998) milik Ahmad Band.

Rupanya, alih-alih mempertahankan warna yang diusung Dewa 19 dan Ahmad Band, Maliq & D'Essentials justru mencoba memberikan sentuhan baru dengan memasukkan warna musik mereka dalam versi baru dari ketiga lagu tersebut.

Mendengarkan versi baru dari lagu-lagu ciptaannya, Ahmad Dhani pun memberikan komentarnya.

"Ternyata Maliq & D'Essentials bisa mengubah lagu-lagu Dewa 19 menjadi sesuatu yang berbeda daripada lagu aslinya. Sehingga tidak hanya menjadi lagu cover biasa karena yang dihindari menjadi lagu cover biasa," ujar Ahmad Dhani dalam keterangan yang diterima detikcom.

Selain Maliq & D'Essentials, sebelumnya ada sejumlah musisi lainnya yang juga membawakan ulang milik Dewa 19. Ahmad Dhani mengatakan para musisi yang membawakan ulang lagu dari bandnya dia nilai mampu memberikan ruh baru bagi karyanya.

Maliq & D'EssentialsMaliq & D'Essentials. Foto: dok internet

"Alhamdulillah sampai saat ini artis-artis yang kami pilih artis yang kreatif sehingga lagu yang dinyanyikan menjadi cover tak biasa," kata Dhani lagi.

Sementara itu, Lale, sebagai personel dari Maliq & D'Essentials mengaku ia dan rekan satu bandnya memang sempat merasakan beban untuk membawakan ulang lagu dari band yang karyanya sudah begitu dikenal dan melekat di hati pendengarnya.

"Jadi, kayak ada beban untuk, gimana caranya bisa bikin lagu enak dari lagu yang udah enak. Harapannya, lagu-lagu yang kita udah aransemen ulang ini bisa diterima oleh banyak orang untuk Baladewa (sebutan penggemar Dewa 19) dan D'Essentials (sebutan penggemar Maliq & D'Essentials). Semoga bukan cuma dapat esensi lagunya Ahmad Dhani. Tapi juga esensi dari lagu-lagunya Maliq," tutur Lale.

Dalam penggarapan versi baru Aku di Sini Untukmu, Kamulah Satu-Satunya, dan Aku Cinta Kau dan Dia, Maliq & D'Essentials dibantu oleh sejumlah pihak lainnya. Dimas Pradipta terlibat dalam proses mastering Aku di Sini Untukmu dan Kamulah Satu-satunya. Sedangkan Jordy Waelauruw turut mengisi trumpet untuk lagu Aku di Sini Untukmu.

Toma & Kako juga dilibatkan untuk membuat ilustrasi sampul dari setiap lagu yang dibawakan ulang oleh Maliq & D'Essentials.



Simak Video "Ahmad Dhani Ungkap Nominal Nafkah untuk Keluarga Korban Tabarakan Dul "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)