Berangkat dari Pandemi, Sandy Canester Tulis Doa dalam Lagu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 15:27 WIB
Sandy Canester
Foto: dok. Sandy Canester
Jakarta -

Sandy Canester belum lama ini merilis single berjudul Semoga Cepat Berakhir. Lagu itu lahir dari doa dan harapannya agar masa pandemi virus Corona yang masih menjadi permasalahan di Indonesia segera selesai.

Ketika menulis lagu itu, Sandy Canester mengaku terinspirasi dari perdebatan yang ada di media sosial mengenai keberadaan virus Corona. Ia kemudian berpikir, pada intinya, di antara semua pro dan kontra itu, semua pihak pasti menginginkan pandemi segera berlalu.

Dari pengamatannya itu, Sandy Canester pun langsung menulis Semoga Cepat Berakhir yang berisi doa dan harapan agar pandemi virus Corona segera usai.

"Sebenarnya inspirasi lagi-lagi dari apa yang gue denger, apa yang gue lihat, yang gue baca, pokoknya yang ada di sekitar. Waktu itu kan sosial media, jadi ada satu pembahasan yang semuanya fokusnya di pandemi ini, di keadaan ini. Lama-lama gue semakin pusing, ini kenapa ya, sebenarnya kita semua punya sudut pandang, apapun itulah, masing-masing. Terus malah akhirnya menuduh bahkan cenderung jadi ribut, itu yang bikin gue akhirnya membikin lagu ini," kata Sandy Canester dalam wawancara dengan detikcom.

Menurutnya, dari masing-masing mereka yang berbeda pandangan, sebenarnya kedua belah pihak pun ingin pandemi segera selesai.

Oleh karena itu, dalam lirik dari Semoga Cepat Berakhir, Sandy Canester menguraikan hal-hal baik yang dapat dilakukan agar pandemi segera berakhir, yakni berdoa, berjuang, dan bersatu.

"Sebenarnya kan fokusnya gimana kita keluar dari sini. Gimana ini semua cepat berakhir. Caranya dengan kita sama-sama ngingetin hal yang baik," tutur Sandy.

Pria kelahiran 9 Januari 1980 itu menulis Semoga Cepat Berakhir dalam waktu singkat yang relatif singkat. Penulisan liriknya mengalir begitu saja sedangkan musiknya ia garap dalam jangka waktu empat hari.

"Gue seperti mengambil kesimpulan gue dari sudut gue sendiri bahwa sebenarnya berusaha dan berdoalah itu point yang paling penting. Jadi cuman beberapa jam lah gue bikin lagunya," terang dia.

"Tadinya gue mau nulis Doain Aja. Terus kalau ngomongin doa sakral, intim, kalau 'aja' kayak jadi nggak santun. Sampai akhirnya gue dapat chorus-nya, kalau kita berdoakan kan pengin yang bagus-bagus. Semoga cepat berakhir itu adalah doa yang paling bagus," sambung dia.

Sandy Canester pun berharap agar lagu tersebut dapat mewakili perasaan banyak pihak dan diaminkan oleh banyak orang.

"Memang gue kunci di berjuang, berusaha, berdoalah, bersatulah. Ini kesimpulan gue. Kita harus berjuang tetap, berusaha keluar dari bahaya, kita lawan bareng-bareng, bersatulah saling menjaga," ujarnya.



Simak Video "Tanggapan Pihak Medina Zein yang Berkali-kali Dilaporkan ke Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)