Maudy Ayunda Tetap Kuat Meski Patah Hati dalam Don't Know Why

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 18 Jul 2021 17:30 WIB
Maudy Ayunda
Maudy Ayunda Tetap Kuat Meski Patah Hati dalam Don't Know Why. (Foto: dok. Trinity Optima Production/ Maudy Ayunda)
Jakarta -

Maudy Ayunda kembali ke dunia musik setelah merampungkan pendidikan pascasarjana di Amerika Serikat. Menandai hal itu, dirinya merilis sebuah lagu berjudul Don't Know Why.

Dalam lagu itu, Maudy Ayunda ingin bercerita mengenai seseorang yang tiba-tiba merasa hilang rasa pada kekasihnya.

"Single ini berkisah tentang seseorang yang tiba-tiba mati rasa pada hubungannya dan dia bingung bagaimana cara dia menyampaikan hal itu pada pasangannya," ujar Maudy Ayunda dalam keterangan pers yang diterima detikcom.

Lebih lanjut, Maudy Ayunda mengatakan bahwa Don't Know Why pada dasarnya adalah lagu tentang hubungan cinta yang kandas. Namun, perempuan dalam lagu itu dapat mengatasi perasaan sedih atas berakhirnya hubungan itu.

"Ini adalah ekspresi patah hati, tapi perempuan ini bisa mengontrolnya," jelas dia.

Meski lagu tersebut berkisah tentang patah hati, tetapi Maudy Ayunda tak ingin tokoh dalam lagunya menjadi seseorang yang muram dan mendayu.

Sebaliknya, ia justru ingin mengubah pandangan bahwa patah hati tidak harus selalu diratapi. Melainkan, dapat dihadapi dengan kekuatan.

"Terlalu banyak lagu tentang putus cinta yang bercerita tentang powerlessness, kegalauan, dan ketidakberdayaan. Aku pikir ini saat yang tepat untuk aku mengingatkan bahwa kita sebagai perempuan punya kekuatan untuk mendesain jalan hidup dan kisah cinta kita," kata Maudy Ayunda.

"I want to change people's minds, I want to change people's hearts. Itu goal aku," lanjutnya.

Selain itu, lewat Don't Know Why, Maudy Ayunda juga ingin mengajak para pendengarnya untuk dapat lebih mengenali perasaannya. Baginya, kesedihan adalah sesuatu yang wajar dirasakan.

Perempuan kelahiran 19 Desember 1994 itu berpandangan mengakui segala perasaan yang dirasakan secara jujur adalah salah satu bentuk keberanian.

"Aku rasa vulnerability and embracing weakness are so important. Karena ketika kita melakukan itu, kita juga self-aware. Kita mengenal diri kita sendiri dan itu step pertama dalam proses kita tumbuh menjadi orang yang lebih baik," tuturnya.

"Saat kita tidak tahu atau tidak mengenali diri sendiri dan kita tidak berani menatap kekurangan-kekurangan kita, I think that's where we are missing out," sambungnya.

Don't Know Why akan menjadi salah satu lagu yang ada dalam mini albumnya. Maudy Ayunda pun memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya lebih memilih mengeluarkan mini album berisikan tiga lagu ketimbang album penuh.

Dia mengaku sangat menikmati proses penulisan lagu dan tak ingin terburu-buru untuk menciptakan banyak lagu hanya demi membuat sebuah album.

"Aku sadar bahwa aku akan selalu menulis lagu karena itu passion-ku dan salah satu caraku mengekspresikan diri. Tapi, aku tidak perlu menulis banyak lagu untuk sebuah album, kan?" ungkap dia.

"Kenapa aku harus merasa terburu-buru untuk mengejar membuat album? Aku ingin mempersembahkan sebuah karya atau produksi yang sangat intimate, dekat denganku, kehidupanku, dan sangat jujur. Akhirnya, lahirlah EP ini," katanya lagi.

(srs/mau)