Lyodra Rilis Album Perdana yang Sempat Tertunda

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 15 Jul 2021 20:26 WIB
Lyodra
Foto: dok. Lyodra
Jakarta -

Lyodra Margareta Ginting akan mengeluarkan album pertamanya pada Jumat (16/7/2021). Untuk memperkenalkan dirinya, ia memilih menamai album itu dengan namanya (self-titled).

Dirinya memiliki alasan mengapa membuat judul album debutnya dengan self-titled. Baginya, itu menjadi pengingat tersendiri bahwa album tersebut adalah pijakan yang pertama bagi karier bermusiknya.

"Album ini aku kasih namanya Lyodra. Karena ini album pertama, aku buat dengan nama aku. Karena jarang nama orang Lyodra, menurut aku unik. Intinya albumnya tentang diriku, tapi nggak semua kisah bercerita tentang aku. Album ini aku namain Lyodra supaya inget, ini debut aku," ujar Lyodra dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7).

Ada delapan lagu di album perdananya, empat di antaranya telah ia rilis sebagai single. Sementara, empat sisanya akan dikeluarkan secara bersamaan.

Bagi Lyodra, penggarapan album perdananya terbilang berliku. Pada mulanya, dia dan tim yang menggarap albumnya telah menentukan untuk merilis album itu di akhir tahun lalu. Sayangnya, kondisi yang tak menentu di kala pandemi membuatnya harus menunda berbagai jadwal penggarapan dan persiapan album.

Meski demikian, penyanyi kelahiran 21 Juni 2003 itu mengaku lega dan puas setelah albumnya kini dapat dirilis.

"Hampir setahun (waktu penggarapan) sih karena mundur-mundur terus kan karena harusnya sudah kelar music video, tapi tertunda, harusya sudah rekaman, ah tertunda dua bulan. Pengunduran sudah setahun sih total. Harusnya 2020 akhir targetnya," ungkap Lyodra.

Mundurnya jadwal rilis album tersebut, menurut Lyodra, bukan dikarekan faktor internal. Melainkan, murni karena kondisi yang tidak dapat diprediksi di masa pandemi.

"Sebenarnya sudah ada jadwal diatur tapi lebih ke gara-gara Corona, habis itu ada lockdown. Pokoknya semua hampir karena COVID-19, belum lagi ada dari tim yang positif, semua harus dipertimbangkan," ceritanya.

Walau diwarnai dengan pergantian jadwal, Lyodra tetap mengaku menikmati proses penggarapan albumnya. Terlebih, dirinya melibatkan sejumlah musisi lainnya untuk turut membantunya dalam pengerjaan album.

Ketika mendengarkan hasil dari album yang telah digarapnya dengan susah payah itu, Lyodra pun merasa segala kerja kerasnya terbayarkan.

"Pengalamannya seru banget karena aku berkolaborasi sama musisi yang luar biasa, ada Ade Govinda, Dipha Barus, LaleIlmanNino, ada kak Anji, seru banget bekerja sama dengan musisi yang pendapatnya beda. Selama menjalani ini aku seneng, terharu, sering terhambat juga karena lagi COVID-19, ada PPKM, banyak kendala lah. Bisa berjalan lancar dan sampai tahap album, terbayar lah," urainya.

"Musisi-musisi ini sangat open dan aku juga bisa memberikan ide-ide atau masukan-masukan tanpa ada rasa canggung," sambung dia.

Bersamaan dengan albumnya dirilis, Lyodra juga mengeluarkan Kalau Bosan sebagai single disertai video klipnya. Baginya, lagu itu berkisah tentang hubungan yang kandas karena salah satu pihak pergi tanpa pamitan.

"Kalau Bosan mungkin cerita dan alurnya lagu marak-maraknya ghosting juga. Mungkin bucin (budak cinta) juga. Orang tuh kalau (lagu tentang) bucin banyak yang relate," tuturnya.



Simak Video "Kerap Dibandingkan dengan Tiara Andini, Lyodra: Tak Ada Persaingan"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)