NOAH Berbagi Sulitnya Memperbarui Badai Pasti Berlalu

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 29 Jun 2021 10:19 WIB
NOAH saat tampil di kawasan Kebayoran Baru.
NOAH. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

NOAH menyanyikan ulang Badai Pasti Berlalu, lagu ciptaan Eros Djarot yang sebelumnya dipopulerkan oleh Berlian Hutauruk, kemudian Chrisye. Lagu tersebut sengaja dibawakan band beranggotakan Ariel (vokal), David (kibor), dan Lukman (gitar) dalam aransemen yang berbeda.

Ketiganya mengaku mengalami kesulitan untuk membawakan ulang lagu tersebut. Sebab, bagi mereka, Badai Pasti Berlalu adalah lagu ikonik yang pastinya telah membekas di hati banyak orang.

Oleh karena itu, NOAH tidak berambisi untuk membuat versi baru yang dibawakan oleh mereka menjadi lagu yang lebih baik dari lagu aslinya. Tidak muluk-muluk, mereka hanya ingin membuat lagu tersebut terasa berbeda dalam versi mereka.

"Jadi sebenarnya beban sih. Kami diminta bawain Badai Pasti Berlalu yang sebelumnya dibawain Om Chrisye, sudah nge-blend banget, gimana ya, susah banget. Kami nggak bikin sesuatu yang lebih bagus, tapi sesuatu yang beda. Kami bikin gimana yang beda, makanya kami pake synthesizer, mainin gitar elektronik juga," ungkap Lukman dalam wawancara terbatas bersama pemenang JOOX Indonesia Music Awards, Senin (28/6/2021).

Hal serupa juga diungkapkan oleh David, sama halnya dengan Lukman, ia pun mengalami kesulitan dalam meramu ulang lagu tersebut. Namun, dirinya menambahkan bahwa NOAH sedikit mengganti struktur lagu yang sebelumnya.

David menilai struktur lagu asli Badai Pasti Berlalu memiliki kerangka yang mirip dengan puisi yang dilagukan. NOAH mencoba mengubah struktur tersebut.

"Lagu ini bagannya nggak seperti lagu sebelumnya. Jadi aslinya mengikuti cerita dari penulisnya, lebih mirip puisi yang dinyanyikan. Seperti yang Lukman bilang, kami bikin versi yang lain. Mencoba setiap bagian ada satu aransemen khusus," tutur David.

"Mesti beda dari Berlian Hutauruk, Om Chrisye dan Ari Lasso. Kami kan yang keempat," sambung Ariel.


Cerita dari film itu diambil dari novel karya Marga T yang berjudul sama.Badai Pasti Berlalu adalah film garapan sutradara Teguh Karya yang rilis pada 1977. Film itu dibintangi oleh Christine Hakim dan Slamet Rahardjo.

Lagu Badai Pasti Berlalu yang dinyanyikan oleh Berlian Hutauruk dan kemudian Chrisye merupakan salah satu lagu tema dari film tersebut.

Sebelumnya, NOAH berhasil menang di ajang penghargaan JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021 sebagai Indonesian Group of the Year.

Lihat juga video ''NOAH' Siapkan 9 Lagu di Konser Virtual 360 Derajat':

[Gambas:Video 20detik]



(srs/pus)