The Rain Gandeng Iwa K untuk Warna Baru Jelang Usia ke-20

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 23 Jun 2021 14:38 WIB
The Rain
Foto: dok. The Rain
Jakarta -

Grup band The Rain merilis single anyar berjudul Aku Siap. Dalam lagu tersebut, mereka memberikan warna baru bagi para pendengarnya sekaligus menggunakan pendekatan baru pada pembuatan lagunya.

Apabila pada lagu-lagunya, The Rain kerap kali menjadikan gitar sebagai instrumen yang dominan, dalam Aku Siap, band asal Yogyakarta itu justru menitikberatkan pada isian vokal yang padat harmoni.

Bukan tanpa alasan, rupanya band beranggotakan Indra Prasta (vokal utama, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal) dan Aang Anggoro (drum, vokal) memang tengah ingin mencoba sesuatu yang baru.

"The Rain itu adalah band yang sangat guitar-oriented dan di lagu ini, kami sama sekali tidak menggunakan gitar," jelas Aang dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (23/6/2021).

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, dalam Aku Siap, The Rain juga menambahkan unsur rap dalam lagu mereka. Bagian rap dalam lagu itu diisi oleh rapper kawakan Tanah Air, Iwa K.

"Ada dua baris lirik yang menarik kalau diisi dengan gaya rap. Tadinya mau kami isi sendiri, tapi setelah kami bahas bersama, sepertinya hanya ada satu orang yang paling tepat untuk mengisinya, sang legenda hidup, Mas Iwa K," urai Indra.

"Kami memberanikan diri menghubungi beliau dan memperdengarkan lagunya. Kami sudah siap dengan kemungkinan beliau tidak bersedia, namun ternyata beliau dengan senang hati mengisi bagian rap tersebut. Menjadikan lagu ini semakin istimewa," sambung dia.

Aku Siap bakal menjadi lagu yang spesial, sebab lagu tersebut menjadi pembuka menuju album ketujuh dari The Rain. Mereka memutuskan untuk kembali menggarap album meskipun pandemi belum berakhir.

"Tetap produktif mengerjakan lagu-lagu baru adalah cara yang kita pilih di tengah kondisi berat ini," ujar Iwan.

"Sudah cukup lama sejak terakhir The Rain merilis karya dalam format album. Terakhir pada tahun 2016 lewat album Jabat Erat, lalu diikuti dengan beberapa single lepasan," timpal Ipul.

Selain itu, di 2021, The Rain juga akan genap berusia 20 tahun. Hal itu membuat band yang terbentuk pada 2001 itu ingin mempersembahkan sesuatu yang istimewa pada para penggemarnya.

Indra menuturkan hal ini adalah bentuk rasa syukur mereka karena masih bisa bertahan dari generasi ke generasi.

"Dari zaman kaset, CD, tren ring back tone hingga layanan streaming musik seperti saat ini, kami beruntung bisa mengalaminya, dan bersyukur bisa bertahan lintas generasi," ungkap Indra.



Simak Video "Musisi Jazz Idang Rasjidi Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)