Lihat Lagi Serunya d'Hot Music Day dari Tahun ke Tahun

Tim Detikcom - detikHot
Jumat, 05 Mar 2021 18:52 WIB
Ganjar Pranowo dan Budi Karya Sumadi serta Olala band di dHot Music Day 2018.
Keseruan d'Hot Music Day dari waktu ke waktu. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Setiap 9 Maret, Indonesia merayakan Hari Musik Nasional. Untuk mendukung laju pertumbuhan industri musik Tanah Air, detikcom tentunya nggak mau ketinggalan untuk turut merayakan momentum tersebut.

Sejak 2017, detikcom punya acara seru bernama d'Hot Music Day. Sebuah acara yang jadi tempat kamu dapat menyaksikan siaran pertunjukan musik seharian penuh dari manapun kamu berada.

Sebelum konser virtual marak di era pandemi, detikcom sudah memulainya lebih dulu dengan d'Hot Music Day. Di 2017, detikcom menghadirkan penampilan dari 23 musisi yang disiarkan selama kurang lebih sembilan jam oleh situs berita kesayangkan detikers ini.

Musisi yang tampil saat itu adalah D'Masiv, Seventeen, Lyla, Dipha Barus, Rinni Wulandari, Fatin, The Rain, Ridho Rhoma, Rendy Pandugo, Abenk Alter, Ben Sihombing, Angela July, JB& Petty, Bleu Clair x Kamga, Midnight Quickie, Yosie, Jaz, Gangster of Love, Friday, Nadia Vega, Pandai Besi, Angela Vero, Eden Band, dan para finalis Hijab Hunt.

Penampilan Dipha Barus di d'HOT Music Day.Penampilan Dipha Barus dan Nadin Amizah jadi penutup di d'HOT Music Day 2017. Foto: Muhammad Ridho

Di 2018, detikcom kembali mengadakan d'Hot Music Day dalam skala yang lebih besar. Kali ini, tidak hanya musisi yang tampil dalam acara yang disiarkan sepanjang kurang lebih 11 jam itu, tapi juga menteri dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Saat itu bintang tamu yang memeriahkan acara tersebut antara lain Adrian Khalif, Angela Vero, Ardhito Pramono, Armand Mualana, Badai Romantic Project, Bams, Dengarkan Dia, Fade2Black, Geng Ojol feat. Eka Gustiwana, Hi Friday, Ify Alyssa, Mulan Jameela, Nadya Fatira, NEV+ Dea, NonaRia, Novita Dewi, Rendy Pandugo, Tanayu, The Overtunes, Vidi Aldiano, Virzha, Volmaxx, Yakop, Zara Leola, Orkes Pancaran Sinar Petromaks, dan Talkback Band.

Ganjar Pranowo, Budi Karya Sumadi, Hanif Dhakiri dan Sandiaga Uno pun berkolaborasi dalam satu panggung persama Talkback Band saat itu.

Geng Ojol dan Menteri di d'HOT Music Day 2018.Geng Ojol dan Menteri serta Ganjar Pranowo di d'HOT Music Day 2018. Foto: Nugraha

Di 2019, d'Hot Music Day bertepatan dengan dibukanya Trans Studio Mall (TSM) Denpasar, Bali. Sejumlah musisi pun turut mengisi kemeriahan acara yang disiarkan langsung dari Bali, mereka antara lain Afgan, Sheryl Sheinafia, Navicula, The Rain dan Indra Lesmana.

Saat itu, isu mengenai RUU Permusikan sedang memanas. Di tengah penampilannya di dHOT Music Day 2019, Navicula menyampaikan sejumlah pesan. Selain kritik sosial dan lingkungan hidup, mereka juga masih satu suara untuk membatalkan Rancangan Undang-undang Permusikan.

"Banyak ya pesan yang bisa disampaikan, salah satunya batalkan RUU Permusikan!" tegas Robi, vokalis Navicula, yang kemudian disambut tepuk tangan penonton.

Indra Lesmana, Robi Navicula dan Indra The Rain pun berkolaborasi mengajak para penonton menyanyikan Kemesraan. Tidak lupa, keseruan itu ditutup dengan kejutan bagi Indra Lesmana yang tengah berulang tahun.

Afgan saat tampil di d'HOT Music Day 2019.Afgan saat tampil di d'HOT Music Day 2019. Foto: Hanif Hawari/detikHOT

Nah, demi mencegah penyebaran virus Corona yang saat itu baru saja masuk ke Indonesia, d'Hot Music Day beristirahat sementara di 2020. Tapi, detikcom tetap membuat sesuatu yang spesial dengan menghadirkan podcast Main Stage edisi spesial dengan tajuk Podcast Hari Musik Nasional: Viruskan Musiknya, Bukan Coronanya.

Podcast itu diisi oleh Wendi Putranto (pengamat musik, mantan jurnalis musik, manajer Seringai dan salah satu pendiri M Bloc), Azizah Hanum (jurnalis, personel Arah) dan Ryan Kampua (perwakilan Hammersonic).

Hari Musik NasionalProses rekaman podcast Main Stage spesial Hari Musik Nasional pada 2020. Foto: Muhammad Ridho

Di 2021 ini, d'Hot Music Day kembali lagi dengan format baru. Kalian tidak hanya bisa menyaksikan sajian musik, tapi juga mengikuti diskusi yang bakal menambah pengetahuan kalian.

Selain itu, yang membuat acara ini makin menarik karena akan ada grand final dari Air Musician Challenge sebagai salah satu rangkaian dari d'Hot Music Day 2021. 15 finalis terbaik akan menunjukkan aksinya kembali untuk memperebutkan hadiah alat musik gratis dari detikcom.

Acara d'Hot Music Day tahun ini bakal disiarkan di detikcom pada 9 Maret 2021 dengan host Indra Prasta dan Sandy Pas Band. Didukung oleh vivo V20 Series dan Bank Mandiri, kamu bisa menontonnya secara gratis.

Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Bebi Romeo, Pongki Barata, Ian Kasela dari Radja Band, Candil yang merupakan mantan personel Serius, Naga dari Ada Band yang juga mantan personel Lyla, Tantri dari Kotak, Arda dari Naff, Denny Caknan hingga Cita Citata bakal memeriahkan acara tersebut. Tak ketinggalan ada Rizky Febian, Isyana Saraswati, dan ABDA yang membuat d'Hot Music Day 2021 makin semarak.

Yuk, jangan sampai ketinggalan serunya!



Simak Video "Melihat Kemeriahan Panggung d'Hot Music Day 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)