Melanie Subono Kenang Tepeng: Orang Baik, Nggak Ada Kata Lain

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 22 Jun 2021 10:46 WIB
Jakarta -

Steven Nugraha Kaligis alias Tepeng dari Steven & Coconut Treez meninggal dunia pada Selasa (22/6/2021). Ia tutup usia di RS Medika, BSD, Tangerang Selatan pukul 07.30 WIB.

Musisi dan aktivis, Melanie Subono, menjadi salah satu sahabat yang merasa kehilangan. Ia mengenang Tepeng sebagai sosok yang baik hati dan tidak pernah menggurui.

Semasa Tepeng hidup, Melanie Subono pernah berkolaborasi dengan mendiang dalam lagu berjudul Pakai Logika.

"Gue kenal Tepeng, kami sama-sama sepergaulan lah, gue sering banget featuring-an sama dia. Kami punya lagu bareng judulnya Pakai Logika," kenang Melanie Subono dalam pesan suara yang dikirimkan pada detikcom, Selasa (22/6).

"Dia orang yang nggak membedakan gue nih senior, junior, gue tahu asem garam hidup, lo baru musisi belajar, no," katanya lagi.

Saking akrabnya, Tepeng beberapa kali sempat tampil di acara ulang tahun Melanie Subono. Bagi Melanie, tidak ada kata yang dapat menggambarkan sosok Tepeng selain frasa orang baik.

"Dia berkali-kali manggung di ulang tahun gue. Orang baik sih, nggak ada kata lain buat Tepeng. Orang baik, orang baik banget," ujar Melanie.

Semasa hidupnya, Tepeng dikenal sebagai musisi reggae yang bermusik dalam Steven & Coconut Treez dan Steven Jam.

Steven & Coconut Treez mengawali kariernya dengan formasi bertujuh. Namun, belakangan band itu diperkuat oleh empat orang, yakni Steven N. Kaligis (vokal), Teguh Wicaksono (gitar), Rival Himran (bass) dan Aci (drum).

Tedy Wardhana (perkusi) dan Aray Daulay (gitar) telah meninggal dunia dan Iwan (kibor) disebut enggan untuk tinggal di Jakarta sehingga memutuskan tidak kembali bergabung.

Band beraliran reggae itu sempat vakum dan memutuskan kembali dengan mengeluarkan single bertajuk Fallin'.

"Kalau di zaman gue, pada tahun itu jarang musisi reggae yang punya background memang reggae, karena reggae pada saat itu adalah genre yang sangat muda, sangat baru," kenang Steven mengenai awal kariernya saat bertandang ke kantor detikcom, pada awal 2020 lalu.

Steven & Coconut TreezSteven & Coconut Treez. Foto: Muhammad Ridho

"Background-nya gue suka alternatif, rock, Rival suka jazz, Tege suka metal, Gocai suka campursari, jadi background-nya beda-beda," lanjut dia.

Dia mengaku dirinya mengenal reggae karena mendengarkan lagu-lagu milik Bob Marley. Akan tetapi, yang unik justru perkenalannya dengan Bob Marley bermula dari kesukaannya pada Red Hot Chilli Peppers.

Ia baru mengenal Bob Marley lewat lirik dari lagu 'Give It Away' milik Red Hot Chilli Peppers yang berbunyi, "Bob Marley poet and a prophet // Bob Marley taught me how to off it // Bob Marley walkin' like he talk it."

"Karena ada liriknya, (penasaran) siapa ini Bob Marley, pas gue cari, 'Oh ini biangnya yang mempopulerkan reggae'. Akhirnya baru gue kulik misi-misi dia," cerita Steven saat itu.

(srs/nu2)