Kasus Pelecehan Seksual di Industri Musik Seperti yang Dituduhkan ke Rian D'Masiv

Tim Detikcom - detikHot
Senin, 21 Jun 2021 11:45 WIB
CHICAGO, IL -  SEPTEMBER 17:  Singer R. Kelly turns to leave after appearing at a hearing at the Leighton Criminal Courthouse on September 17, 2019 in Chicago, Illinois.  Kelly is facing multiple sexual assault charges and is being held without bail.   (Photo by Antonio Perez - Pool via Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja dan menimpa siapa saja. Salah satu bentuk kekerasan yang berakar dari ketimpangan relasi kuasa itu rupanya juga terjadi di industri musik.

Beberapa musisi ketahuan melakukan pelecehan seksual hingga terjerat kasus. detikcom merangkum jejak kelam tersebut.

R Kelly

R Kelly dikenal sebagai predator seksual karena melakukan banyak kekerasan dan pelecehan seksual pada sejumlah korban. Pelantun I Believe I Can't Fly itu bahkan memiliki sejumlah kasus dan tuntutan karenanya.

Tuntutan terhadap R Kelly itu didaftarkan di pengadilan federal dan negara bagian di beberapa daerah, yakni New York, Illinois dan Minnesota.

Meski telah banyak saksi dan korban yang angkat bicara, R Kelly tetap berkelit. Dia pertama kali ditahan pada 2019 karena setidaknya ada 10 kasus kriminal berkaitan dengan pelecehan seksual yang menjeratnya. Di tahun yang sama, dia juga dipenjarakan oleh petugas federal karena 13 dakwaan.

Sejumlah perempuan penyintas yang menjadi korban dari R Kelly bahkan ramai-ramai berbicara dalam dokumenter berjudul Surviving R Kelly.

Marilyn Manson

Marilyn Manson menghadapi berbagai permasalahan hukum karena kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan, salah satunya adalah karena gugatan yang dilaporkan oleh mantan pacarnya di pengadilan Los Angeles.

Ketika menjalin hubungan dengan Marilyn Manson pada 2011, ia mengaku pernah dipaksa untuk menonton video mengerikan sebelum diperkosa.

Dikutip dari Deadline, video tersebut terkunci di dalam sebuah brankas milik Marilyn Manson. Videonya memperlihatkan kekerasan yang diduga dilakukan kepada fans di tahun 1996 usai ia tampil di Hollywood Bowl.

Dalam video tersebut, seorang perempuan dipaksa minum urine hingga diancam dengan pistol. Namun menurut sumber, dikutip dari TMZ, video tersebut merupakan film pendek yang dibuat untuk sebuah proyek.

Pada April 2021, bintang Game of Thrones, Esme Bianco, juga mengadukan tindak kekerasan domestik dan pelecehan seksual yang dilakukan Marilyn Manson saat keduanya tinggal bersama pada 2011. Menyusul setelahnya, mantan asisten Manson, Ashley Walters, juga mengadukan tindak kekerasan seksual ke pihak berwajib.

David Ellefson eks Megadeth

Belum lama ini, Megadeth memecat pemain bass mereka, David Ellefson. Pemecetan itu dikarenakan adanya kasus pelecehan seksual yang tengah menjerat sang musisi.

"Kami memberitahukan pada para penggemar bahwa David Ellefson tidak lagi bermusik bersama Megadeth dan secara resmi bukan lagi bagian dari kami. Keputusan ini tidak mudah," tulis Megadeth.

Pihak band mengakui mereka memang tidak mengetahui secara rinci kronologi kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh David Ellefson. Namun, mereka tidak membuat pengecualian akan hal tersebut.

David Ellefson diduga melakukan pelecehan seksual secara daring (online) pada anak di bawah umur.



Simak Video "Penyanyi 'I Believe I Can Fly' Divonis Bersalah atas Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)