Korban Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman Apresiasi Korban Lain Mau Bersuara

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 20 Jun 2021 14:26 WIB
Gofar Hilman
7 aduan baru klaim jadi korban pelecehan seksual Gofar Hilman (dok.pri)
Jakarta -

Dugaan pelecehan seksual Gofar Hilman masih terus berlanjut. Meski Gofar Hilman seperti menghilang, justru muncul 8 aduan baru.

Berawal dari curhatan akun Quweenjojo yang mengaku dilecehkan Gofar Hilman dua tahun lalu, Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) membuka aduan untuk korban yang merasa dilecehkan oleh Gofar Hilman.

Dalam rilis yang disebarkan LBH APIK sudah ada 8 aduan soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Gofar Hilman. Melihat hal tersebut, akun Quweenjojo pun kembali bersuara.

"Setelah thread yang ku buat dibaca oleh banyak orang, ternyata beberapa orang menceritakan pengalaman tidak mengenakannya juga, aku nggak sendiri. Sudah ada 8 orang (termasuk aku) yang mengalami kejadian serupa, dilakukan oleh orang yang sama, GH. #BeraniLawanGH," cuit akun Quweenjojo dilihat, Minggu (20/6/2021).

Lewat #BeraniLawanGH akun tersebut mengapresiasi yang mengaku menjadi korban Gofar Hilman mau bersuara. Dia juga menduga masih ada korban yang belum berani bersuara.

"Apresiasi luar biasa bagi teman-teman yang mau bersuara.Black heart
Melihat adanya potensi korban yang masih belum berani bersuara, LBH APIK Jakarta dan SAFEnet, serta para korban yang bersolidaritas membuka posko pengaduan untuk korban-korban lain yang ingin bersuara. We're not alone," tulis Quweenjojo lagi dalam utas yang dia buat.

"Posko pengaduan GH dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, dan menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan," sambungnya.

Quweenjojo yang mengaku jadi korban pelecehan seksual Gofar Hilman pernah mengaku alami stress dan trauma dengan keramaian karena kejadian tersebut. Kini, dia juga mengajak para perempuan yang merasa pernah alami kejadian serupa dengan Gofar Hilman untuk membuat aduan tentunya dengan identitas yang tidak akan diungkap.

"Posko dibuka pada 18 Juni 2021 dan dapat diakses dengan menghubungi:
Email aduankorban.gh@awaskbgo.id
Instagram @aduankorban.gh
Info lebih lanjut kunjungi https://lbhapik.org/2021/06/rilis-pers-dukung-suara-korban.html?m=1," cuit Quweenjojo.

Sampai saat ini, Gofar Hilman tidak pernah lagi memberikan respons apa pun. Saat pertama kali pengakuan Quweenjojo viral, Gofar Hilman juga bersuara melalui Twitter.

Gofar Hilman membantah melakukan pelecehan seksual hanya saja meminta maaf soal caranya merangkul membuat risih perempuan yang mengaku jadi korban.

"Tanggapan gue soal kejadian yg lagi rame banget di Twitter yg melibatkan nama gue. Gue inget banget event itu, di acara tsb banyak cowok dan cewek yang minta Instastory, di sini gue minta maaf kepada semua pihak yang tidak nyaman ketika gue rangkul, salah gue tidak meminta konsen akan rangkulan itu," cuit Gofar Hilman saat itu.

"Untuk masalah tuduhan pelecehan, di sini gue yakin tidak melakukan hal itu, ada dua orang yang dampingin gue saat itu, 1 orang cewek panitia dan 1 orang cowok asisten gue, mereka yang jagain gue sampe masuk mobil di akhir acara," lanjut Gofar dalam utas yang dia buat.

"Konfirmasi mereka bilang bahwa gue gak melakukan seperti yang dituduhkan tsb. Biar sama-sama enak, gue siap menyelesaikan masalah ini sebaiknya sih secara hukum, tapi kalau ada usulan lain gue siap mendiskusikan masukannya. karena melibatkan fitnah pake nama gue di sini," tegas Gofar Hilman dengan mengancam akan menyelesaikan lewat jalur hukum.



Simak Video "Sederet Pengakuan Nakal Gofar Hilman Soal Wanita Jadi Sorotan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)