Bareng Atta Halilintar, Sandiaga Uno Dukung Penyelenggaraan Festival Jazz Makassar

Mauludi Rismoyo - detikHot
Sabtu, 19 Jun 2021 09:45 WIB
sandiaga uno
Bareng Atta Halilintar, Sandiaga Uno Dukung Penyelenggaraan Festival Jazz Makassar. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Festival Jazz Makassar akan tersaji di akhir tahun ini. Menteri Sandiaga Uno mendukung penuh penyelenggaraan tersebut.

Festival Jazz Makassar bakal digelar pada 6-7 November 2021. Itu menjadi pergelaran ke-12 setelah satu dekade lebih tertatih.

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan Festival Jazz Makassar tahun ini. Biasanya penyelenggaraan festival jazz yang dikenal dengan nama Makassar Jazz Festival itu diselenggarakan di Fort Rotterdam, tetapi kali ini penyelenggaraannya berada di atas kapal Pinisi.

"Ini memberikan sensasi unik dan berbeda dengan memadukan genre musik dunia dengan kearifan lokal berupa warisan budaya," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga UnoSandiaga Uno nikmati musik di kapal Pinisi. Foto: dokumen pribadi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu menilai konsep Festival Jazz Makassar kali ini sangat menarik. Sandiaga Salahuddin Uno juga mengingatkan pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona.

"Ini sekaligus mengangkat citra kapal Pinisi tak semata-mata sebagai alat transportasi laut saja, tetapi bisa menjadi venue pertunjukan musik berskala Internasional," tutur Sandi.

Sandiaga Uno sendiri datang ke soft launching Festival Jazz Makassar. Bareng Atta Halilintar, ia merasakan sedikit sensasi menikmati alunan musik di atas kapal Pinisi.

"Pinisi sebagai warisan budaya sudah diakui UNESCO, ini menjadi kebanggaan kita bersama. Kemudian di atas kapal tradisional raksasa ini akan diselenggarakan festival jazz dunia. Dua kekuatan dunia bersatu. Ini menjadi momentum besar yang harus ditangkap oleh industri pariwisata kita," kata Sandi.

Sandiaga Uno sangat mendukung Festival Jazz Makassar tahun ini bisa berlangsung. Sebab menurutnya, hal itu bisa berdampak positif terhadap roda ekonomi daerah.

"Selama penyelenggaraan festival jazz itu akan memberikan dampak langsung perputaran roda ekonomi daerah yang akan terdongkrak naik," pungkas Sandi.

(mau/doc)