Irama Nusantara Rilis Album Baru Berisi Lagu-lagu Lama

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 17 Jun 2021 11:21 WIB
Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1
Foto: Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1
Jakarta -

Meski sudah berusia tua, tapi lagu-lagu hits tetap enak untuk dinikmati. Oleh karena itu, Yayasan Irama Nusantara bersama MLDSPOT merilis mini album yang berisi kumpulan lagu legendaris.

Album itu diberi judul Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1. Di dalamnya ada lima lagu legendaris dalam negeri yang pernah hits pada 19080-an.

Lagu-lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh sejumlah penyanyi muda, seperti Andien, Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan pemenang dari MLDJAZZPROJECT musik perdana, Adoria.

"Semangat banget dan enggak mikir lagi, karena ini salah satu lagu favorit gue. Pernah gue pakai jadi referensi lagu gue," ucap Dhira Bongs dalam jumpar pers virtual.

Semangat para musisi muda menyatu dengan kegiatan yang sudah lama dilakukan oleh Irama Nusantara. Sejak 2013, mereka aktif melakukan pengarsipan digital rilisan musik populer Indonesia.

Menurut Irama Nusantara, saat ada tawaran untuk membuat album ini, adalah bagai mimpi yang menjadi kenyataan, karena mendaur ulang karya musik lama merupakan bagian dari visinya.

"Kami membuka ruang untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi dalam hal mengolah arsip digital musik populer yang kami miliki. Bersama MLDSPOT tercetuslah ide membuat rilisan dalam bentuk mini album yang nantinya bisa menjadi upaya berkesinambungan dalam melestarikan musik-musik Indonesia yang berasal dari masa lalu. Rilisan ini akan memberikan dampak nyata, bukan hanya terhadap operasional Irama Nusantara tapi juga berbagai entitas musik yang terlibat di dalamnya," tutur Gerry Apriryan selaku Program Manager Irama Nusantara.

"Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia. Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang. Ke depannya, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak demi turut menginspirasi dunia musik Indonesia," timpal Goardan Saragih, perwakilan dari MLDSPOT.

(dar/dar)