Perjalanan Karier Musik Anji, Musisi yang Lekat dengan Kontroversi

Ahsan Nurrijal - detikHot
Senin, 14 Jun 2021 19:24 WIB
Biografi dan Nama Asli Anji yang Ditangkap karena Narkoba
Foto: (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Pada Minggu (13/6), Musisi EAP alias AN atau Anji eks band Drive menjadi tersangka atas kepemilikan narkotika. Saat ini Anji telah diamankan oleh kepolisian di Polres Jakarta Barat. Popularitas dari Anji memang naik turun sejak awal kemunculannya di dunia hiburan.

Lantas, bagaimana perjalanan karier dari Anji yang dikenal sebagai salah satu musisi yang lekat dengan kontroversi? Yuk simak artikel berikut ini!

Pernah ikut ajang pencarian bakat

Mungkin banyak yang mengira jika Anji pertama kali muncul ke publik sebagai penyanyi saat bersama Drive. Namun, jauh sebelum itu Anji pernah mencoba peruntungannya dalam ajang Indonesia Idol musim kedua, tepatnya pada tahun 2005.

Namun sayangnya, dalam ajang pencarian bakat tersebut Anji gagal melaju jauh pada ajang tersebut. Walaupun gagal, Anji tidak menyerah dan tetap bertekad mencari kesuksesan di dunia musik.

Bergabung dengan Drive pada 2005 silam

Kegagalan pada ajang Indonesia Idol tidak membuat Anji berhenti berkarya. Dirinya masih tampil dari panggung ke panggung dengan bandnya yang bernama Menthol.

Hingga suatu hari, Anji bertemu dengan Robert, manajer dari band Flow. Saat itu Anji ditawarkan menggantikan Avant yang menjadi vokalis disana. Sejak saat itu, Anji resmi bergabung dengan Flow dan mengganti nama tersebut menjadi Drive pada 2005.

Resmi keluar dari Drive pada 2011

Awal karier Anji bersama Drive cukup cemerlang karena beberapa lagu miliknya sukses di pasaran. Lagu-lagu seperti Bersama Bintang dan Akulah Dia merupakan lagu yang menjadi hits karya Drive. Bahkan lagu-lagu tersebut masih sering diputar hingga saat ini.

Namun, kebersamaan Anji dan Drive tidak berlangsung lama. Anji terlibat dengan skandal serta konflik internal. Pihak manajemen meminta Anji mundur dari Drive. Pada akhirnya Anji resmi mengundurkan diri pada Mei 2011.

Mulai bersolo karier dan fokus menjadi YouTube-er

Setelah keluar dari Drive, Anji mulai bersolo karier dan pada tahun yang sama juga, dirinya merilis album solo yang berjudul Luar Biasa. Hebatnya, Anji bisa sukses walaupun hanya seorang diri. Anji memenangkan Anugerah Planet Musik Singapura pada 2012 dan Selebrita Award Indonesia pada 2016.

Selain berkarya di dunia tarik suara, Anji juga melebarkan sayapnya dengan menjadi Youtuber. Hingga artikel ini ditulis, dunia MANJI yang merupakan nama Youtube milik Anji sudah memiliki lebih dari 3,8 juta subscribers.

Lekat dengan kontroversi ketika pandemi

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, para musisi memang sulit mendapatkan panggung. Anji juga terkena dampaknya dan memilih fokus pada Youtube sejak saat itu.

Namun entah mengapa, sejak pandemi ini Anji lebih lekat dengan kontroversi.
Mulai dari foto jenazah Covid-19, wawancara kontroversial dengan Hadi Pranoto, hingga yang terbaru terjerat kasus narkotika.

Anji menjadi salah satu dari banyak artis yang terjerat kasus narkotika sejak pandemi. Sangat disayangkan mengingat Anji beberapa kali membuat konten pada Youtube-nya mengenai motivasi serta inspirasi.

Semoga setelah kasus selesa, Anji dapat kembali berkarya di dunia hiburan dan menghasilkan lagu-lagu yang menenangkan hati seperti sebelumnya.

Tonton video 'Melihat Perjalanan Karier Anji di Dunia Hiburan Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



(srs/srs)