Endah N Rhesa Angkat Potensi Skena Indie Lokal Lewat Earhouse

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Jumat, 11 Jun 2021 21:26 WIB
Jakarta -

Endah N Rhesa rupanya membuka jalan bagi para pengikut jejaknya untuk mendapat panggung agar bisa didengar. Melalui kafe Earhouse yang berada di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, mereka pun mencoba mengeksplorasi musikalitas seniman baru yang ada di sana.

Sehingga Musisi indie Pamulang boleh berbangga punya Endah N Rhesa atas inisiatif keduanya. Earhouse adalah kafe sekaligus platform bagi para musisi jalur independen, agar bisa mendapat eksposur dan karya-karyanya bisa didengar luas.

"Pengin juga angkat musisi baru ya, jadi kayak akan seru gitu kalau mereka, Endah N Rhesa itu punya satu wadah dengan Earhouse yang kami bangun, sarana yang kami punya bisa memfasilitasi mereka dalam publikasi. Salah satu bentuk publikasi, mungkin, mudah-mudahan ya," kata Rhesa kepada detikcom disela syuting rekaman Virtual Celebration, baru baru baru ini.

Lanjut Endah, lewat Earhouse, dia ingin membantu para musisi indie yang terdampak pandemi. Menurut Endah, semua musisi punya kesempatan baik lewat dukungannya di Earhouse.

"Karena banyak juga dari mereka yang baru aja kayak rilis, eh kemudian kena pandemi. Jadi nggak sempat promo segala macam. Ada juga yang malah baru pas pandemi ini bikin musik atau rilis karya," kata Endah.

"Dan buat aku, semuanya kayak punya satu kesempatan yang baik untuk bisa kita support melaui acara Earhouse Fresh From The Oven," tambahnya.

Lewat wadah ini, keduanya pun berharap bisa menggali lebih dalam terkait kancah permusikan, khususnya di wilayah Tangerang Selatan. Memang pada awalnya Endah berusaha menggali potensi dari musisi musisi baru di sana, dan ternyata banyak sekali.

"Kita sebelumnya belum menggali-menggali banget ya, seperti apa scene musik di Tangerang Selatan. Cuma yang jelas sebenarnya di sini tuh," kata Endah.

"Banyak musisi bagus, atau seniman-seniman musik bagus, kayak yang di belakangnya juga banyak bagus. Orang di belakang layarnya ya," timpal Rhesa.

Tak cuma menggali potensi musisi lokal, Endah mengaku bahwa banyak orang berbakat dari belakang panggung di sana.

"Orang di belakang layarnya juga banyak sebenarnya di sini yang bagus-bagus. Dan menurut aku sih, Tangsel jadi sangat meriah ya karena ya mungkin juga banyak, baik musisi senior maupun yang baru-baru juga banyak di sini. Mungkin kita juga belum menggali-menggali banget," tutur Endah.

Sementara itu diakui Endang Earhouse mendapat antusiasme yang baik dari musisi lokal. Memang tak dipungkiri banyak musisi yang menggelar 'showcase' di sana.

"Tapi kalau dari pengalaman kita selama ada Earhouse, itu yang showcase banyak. Yang datang juga banyak. Terus yang ikut acara rutin Earhouse juga banyak. Ini membuktikan bahwa, 'Oh ternyata teman-teman di Pamulang aja gitu, ternyata banyak loh yang tertarik sama musik.' Sebenarnya seru," pungkasnya Endah.

(fbr/dal)