Ahmad Dhani: Pamungkas Dapat 'Wahyu' dari Dewa 19, Dul Belum

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 08 Jun 2021 21:04 WIB
Dewa 19
Dewa 19. Foto: Hanif Hawari / detikHOT
Jakarta -

Pamungkas berkesempatan berkolaborasi dengan Dewa 19 dalam konser musik A Virtual Music Celebration yang tayang pada di detikcom pada 12, 19 dan 26 Juni 2021 mendatang. Hal itu terbilang kesempatan langka sebab Ahmad Dhani mengaku selektif dalam berkolaborasi, terutama dengan artis baru.

Dia bersedia untuk berkolaborasi dengan Pamungkas lantaran menilainya pelantun To The Bone itu memiliki musikalitas yang ia sebut memenuhi standarnya.

Padahal, Ahmad Dhani sebelumnya tidak pernah mendengarkan Pamungkas dan tidak mengetahui sosok musisi tersebut. Dia mengaku baru mengenal Pamungkas saat ditawari bekerja sama oleh penyelenggara A Virtual Music Celebration.

"Pastinya saya diajak sama promotornya sebetulnya saya belum tahu bahwa ada artis baru sangat terkenal dan bagus, yang saya tahu biasanya terkenal tapi musiknya kurang bagus. (Pamungkas) ini terkenal tapi bagus musiknya," kata Ahmad Dhani usai syuting A Virtual Celebration, di Studio Bliaudio, Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin (7/6/2021) malam.

"Baru tahu setelah diajak disuru bikin konser bareng baru tau," kata Ahmad Dhani.

Lucunya, Ahmad Dhani menilai Pamungkas adalah musisi muda yang berhasil mendapatkan 'wahyu' dari Dewa 19. Bahkan diakui Dhani anaknya, Dul Jaelani, belum mampu menyaingi Pamungkas dalam membawakan lagu-lagu Dewa 19.

Hanya saja, Ahmad Dhani mengakui kebolehan Dul Jaelani ketika membawakan lagu-lagu ciptaannya untuk Ahmad Band. Baginya, ada beda yang kentara antara karyanya di Ahmad Band dan di Dewa 19. Sebab, lagu-lagu Dewa 19 tidak hanya diciptakan dirinya seorang, melainkan juga ada campur tangan dari personel lainnya, salah satunya Andra Ramadhan.

"Lagunya menurut saya Pamungkas ini musisi muda yang paling berhasil mendapatkan kewahyuan dari Dewa 19, yang lainnya belum berhasil. Kalau Dul bisa mendapatkan kewahyuan dari Ahmad Band, Dewa 19 belom bisa," katanya Ahmad Dhani.

"Kalo Pamungkas dia bisa mendapatkan reflection dari Ahmad Dhani sekaligus dari Andra Ramadhan," katanya lagi.

Sementara itu Pamungkas merasa sangat senang dapat berkolaborasi dengan Dewa 19 dan disebut mendapat wahyu oleh Ahmad Dhani. Pamungkas tidak memungkiri dirinya memang akrab dengan karya-karya Dewa 19, terutama yang keluar di era 2000-an.

"Mungkin dari mas Dhani terasa akrab karena saya tumbuh besar dengan Dewa 19, jadi belajar musik, belajar hidup, kendaraannya ya, temannya lagu-lagunya Dewa 19 jadi untuk kolaborasi senang sekali," tutur Pamungkas.

Saksikan A Virtual Music Celebration di detikcom pada tanggal 12, 19, dan 26 Juni 2021 mulai pukul 20.00 WIB. Acara ini bisa disaksikan secara streaming gratis di sini.



Simak Video "Heboh Abdee Jadi Komisaris, Ahmad Dhani Berkaca pada Henk Ngantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/srs)