Dipha Barus Perbarui Lagu Milik Alan Walker dengan Elemen Gamelan Rindik

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 03 Jun 2021 17:51 WIB
Dipha Barus
Foto: dok. Dipha Barus
Jakarta -

Alan Walker belum lama ini merilis single berjudul Believers. Dipha Barus memperbarui lagu tersebut dan menambahkan unsur bebunyian gamelan rindik di dalamnya.

Bebunyian gamelan rindik memang kerap muncul dalam sejumlah lagu garapan Dipha Barus, baik karya orisinal maupun remix. Hanya saja, kali ini berbeda, dalam lagu remix Believers itu, Dipha Barus tidak lagi menggunakan sample dan memainkan instrumen tersebut secara langsung.

Dipha Barus pun mengatakan dirinya memiliki alasan tersendiri mengapa menambahkan instrumen gamelan rindik dalam remix Believers.

"Karena itu instrumen yang paling gue suka, tadinya gue cuman nyampel (pakai sample) doang di jamannya No One Can't Stop Us, All Good, Money Honey. Sekarang saya semenjak pindah ke Bali, sekarang belajar gimana mainin gamelan rindik," kata Dipha Barus dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/6/2021).

"Jadi bisa nge-explore gimana mainin instrumen favorit saya itu, jadi yang kali ini gamelan rindiknya maininnya live," sambung dia.

Pria kelahiran 4 Januari 1986 itu mengaku merasa bersemangat untuk mengerjakan proyek musik tersebut sebab sejak awal mendengarkan Believers, sebelum tawaran untuk mendaur ulang lagu itu datang, Dipha Barus telah berandai-andai untuk memperbarui lagu itu.

"serunya Believers ini adalah gue notice pas pertama kali keluar, gue sudah ngebayangin, ini kalau BPM-nya dinaikin jadi 120-an, kalau dibuat jadi house, jadi UK rave house pakai gamelan rindik, mulai lagunya langsung chorus, seru kali ya. Itu cuman ada di kepala gue, terus akhirnya datang kerjaan ini. Jadinya manifestasi mimpi gue aja," terang Dipha Barus.

Selain itu, Dipha Barus pun menyebutkan ada hal lain yang membuat remix Believers versinya terasa spesial. "Kalau lo dengerin satu lagu remix Alan Walker, lo kayak dengerin DJ lagi main, ada mix in-nya, ada mix out-nya. Dua lagu yang berbeda dalam satu lagu. Jadi experience party-nya dapet," urainya.

Ia pun menjelaskan proses pengerjaan lagu remix Believers tidak memakan waktu lama. Dipha Barus hanya menghabiskan waktu satu hari di studio untuk menggarapnya.

"Proses pengerjaannya dua hari jadi master. Untuk jadi lagu remix-nya, satu hari, 7 jam studio session sudah jadi rangkanya. Mixing, mastering, jadi. Proses pengerjaannya seru banget," tutur Dipha.

Lagu Believers versi remix dari Dipha Barus itu dapat didengarkan di layanan streaming JOOX. Selain Indonesia, JOOX juga mengajak sejumlah musisi dari Hong Kong, Malaysia dan Thailand untuk menginterpretasikan ulang lagu Alan Walker tersebut.



Simak Video "Dipha Barus Sindir Budaya 'Oversharing' Lewat Single 'Keep It Hush'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)