ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Cerita Giring Ganesha Kembali Bernyanyi di Burung Gereja

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 31 Mei 2021 11:05 WIB
Musisi, Politisi
Cerita Giring Ganesha Kembali Bernyanyi di Burung Gereja. (Foto: Desi/detikHOT)
Jakarta -

Giring Ganesha menyanyikan lagu ciptaan Dul Jaelani yang berjudul Burung Gereja. Bagi Giring, lagu tersebut menjadi sebuah karya yang spesial. Sebab, lagu itu bisa dibilang menandai dirinya kembali ke dunia musik.

Sebelumnya, Giring Ganesha memang telah merilis single berjudul Sendiri, yang merupakan versi baru dari lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra yang sebelumnya dipopulerkan oleh Chrisye. Ia juga membawakan Tahan Dulu bersama istrinya, Cynthia. Namun baginya, proyek musik kali ini adalah sesuatu yang berbeda.

"Jadi di tahun 2020 awal, saya kan ngeluarin single Sendiri. Itu momen yang sangat deg-degan, karena saya sudah dua tahunan nggak masuk ke dapur rekaman, dan akhirnya bikin Burung Gereja. Kalau boleh jujur, saya menganggap project ini sangat spesial, jadi saya harus hati-hati banget," ujar Giring dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Bagi Giring Ganesha, ketika Dul Jaelani mempercayakan lagu ciptaannya dibawakan oleh dirinya, hal itu merupakan amanah yang harus dia jaga.

Dia pun pada akhirnya memutuskan untuk tidak terlalu banyak terlibat dalam urusan aransemen dan fokus pada perihal vokal.

"Ini kan lagunya Dul, ini masterpiece-nya Dul dan dia tahu dia mau apa. Gue harus memberikan ruang selebar-lebarnya untuk dia make sure ini lagu menjadi seperti apa yang dia mau. Karena kan saya cuman jadi pembawa pesannya saja," jelas Giring.

Dia menambahkan, "Di proses kreatifnya, pengisian sound, string section, saya mencoba nggak terlalu involve. Saya involve-nya cuman pas take vocal saja. Saya nggak mau ngecewain Dul, karena bagi Dul ini adalah lagu yang sangat spesial untuk dia."

Pria kelahiran 14 Juli 1983 itu pun memuji keterlibatan Dul Jaelani yang begitu rinci dalam proses penggarapan lagunya.

"Dia make sure dan involve dalam every single descision. Dia make sure semua yang terbaik untuk karya ini. Jadi saya bisa fokus pada bagaimana bikin Dul happy pada karya ini dan gimana karya ini bisa diterima banyak orang," ungkap dia.

Dul Jaelani sebagai pencipta lagu pun merasa puas dengan hasil yang diperoleh dari kolaborasinya dengan Giring Ganesha tersebut.

"Sesuai alhamdulillah dan cukup puas, pesannya bisa tersampaikan, bisa dibilang malah beyond expectation," tutur Dul Jaelani.

(srs/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT