Elephant Kind Siapkan Album Ketiga, Dibuka dengan Single Baru

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 28 Mei 2021 07:55 WIB
Elephant Kind
Foto: Nasrul Sunny / dok. Elephant Kind
Jakarta -

Elephant Kind saat ini tengah mempersiapkan perilisan album ketiganya yang berjudul Superblue. Untuk membukanya, band asal Jakarta itu lebih dulu mengeluarkan single berjudul Modern Romance Dreaming (Lonely).

Ide dari Modern Romance Dreaming (Lonely) datang dari Kevin di akhir 2020. Berbeda dari pengerjaan lagu-lagu Elephant Kind sebelumnya, single itu dan lagu-lagu lainnya dalam album digarap bersama-sama, sehingga Kevin dan Bayu pun banyak terlibat dalam proses penulisannya.

"Waktu itu nulis draft-nya iseng di rumah dan isinya hanya synth dan drumnya saja. Kirim dan nanya ke anak-anak kira-kira bisa masuk ke album ketiga kah draft ini, nggak lama kemudian Bam respons dan bilang mungkin bisa," cerita Kevin dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (27/5/2021).

"Akhirnya dikirim draft lengkapnya ke Bam untuk ditulis liriknya sekaligus dimasak lagi," sambung Kevin.

Menurut Elephant Kind, Modern Romance Dreaming (Lonely) menyajikan sesuatu yang baru bagi para pendengar Elephant Kind. Lagu itu terinspirasi dari musik pop elektronik era 1980-an.

Bagi mereka, hal itu menunjukkan keseriusan Elephant Kind dalam mengeksplorasi berbagai jenis dan warna dalam musik pop.

Meski ide lagu tersebut datang dari Kevin, tetapi liriknya ditulis oleh Bam Mastro. Secara lirik, Modern Romance Dreaming (Lonely) berkisah tentang rasa kesepian dan bagaimana merasakan perasaan itu sebagai bentuk kebebasan dan tidak dimaknai sebagai sesuatu yang mengekang.

Ide lirik lagu itu berangkat dari pengamatan terhadap kondisi saat ini ketika seseorang bisa jatuh hati anya secara virtual.

"Ketika dengar draft yang dikirim oleh Kevin, nggak sampe 20 detik kata 'Lonely, I'm so lonely' beserta melodinya langsung keluar dari kepala tanpa dibuat-buat. Sering sebenarnya nulis lagu dengan tema kesepian, tapi baru kali ini ada kata se-straightforward itu di bagian chorus," terang Bam Mastro.

Menurut Bam Mastro, Superblue adalah album yang penting bagi band. Sebab, sepanjang tahun lalu, Elephant Kind sempat mempertanyakan kelanjutan mereka di dunia musik.

"Tanpa kami sadari secara langsung, album ini menyelamatkan Elephant Kind. Kalau kami tidak menggarap sebuah album tahun ini, mungkin masing-masing dari kami sudah melakukan hal-hal yang lain," ujar Bam.

Tidak hanya merilis single, di bulan ini, Elephant Kind juga menjadi salah satu kolaborator dalam program LaboKarya. Program yang diinisiasi oleh Museum MACAN yang memfasilitasi kolaborasi antara perupa, brand, dan insan kreatif Indonesia yang dilangsungkan sepanjang bulan Mei 2021.

Pada puncak acaranya yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2021, Museum MACAN dan Elephant Kind akan merilis video kolaborasi yang akan menayangkan secara perdana lagu Modern Romance Dreaming (Lonely).



Simak Video "Elephant Kind Bercerita tentang Rasa Sunyi di Lagu Modern Romance Dreaming (Lonely)"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)