David Bayu Jelaskan Alasan Sempat Mengelak Naif Bubar

Tim Detikcom - detikHot
Senin, 10 Mei 2021 21:11 WIB
Naif di Synchronize Fest 2018
David Bayu. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Vokalis Naif, David Bayu, akhirnya buka suara dan mengumumkan pernyataan mengenai bubarnya band yang telah menaunginya selama 25 tahun itu. Pernyataan itu ia siarkan melalui sebuah video di kanal YouTube-nya, David Bayu Tube.

Selama ini, David Bayu sempat mengelak bila Naif dikatakan bubar. Ketika ditanyai, dirinya selalu menyebutkan bahwa band yang digawangi oleh dirinya bersama Pepeng (drum), Emil (bas) dan Jarwo (gitar) itu tidaklah bubar, melainkan hanya beristirahat sejenak.

Mengenai hal itu, David pun menjelaskan alasannya. Menurutnya, ketika Emil memutuskan keluar di September 2020, dia mengusulkan untuk mengumumkan perihal bubarnya Naif di momen ulang tahun ke-25 dari band tersebut.

Akan tetapi saat itu, Emil menolak ide tersebut karena tidak ingin menyita perhatian publik. Merasa rekan-rekan satu bandnya sepakat dengan hal itu, David pun mencoba menyimpan bubarnya Naif sebagai rahasia. Dirinya pun konsisten menjawab Naif hanya vakum tiap kali ditanyai rekannya maupun awak media.

"Keputusannya sebenarnya kalau gue, waktu itu, sempat ada wacana sebelum kejadian ini, sempat ada wacana yang kayaknya nggak bisa diteruskan atau gimana salah satu personel. Sebenarnya pas ulang tahun 25 Naif, Oktober 2020, sebelumnya sempat gue bilang ke anak-anak, 'Sudah 25 tahun kita sudah, cukup 25 tahun, kita kasih tahu ke kawan-kawan semuanya'. Di-publish lah, kita udahan. Kita membubarkan diri di 25 tahun itu," ungkap David dilihat detikcom, Senin (10/5/2021).

"Namun, ya ada satu hal yang Emil kalau nggak salah ngomong, 'Jangan nanti jadi sorotan publik atau gimana. Nggak usah di-announce'. Oh, ya sudah, gue megang omongan itu untuk tidak mem-publish kita udahan, kita bubar atau apa. Kemana-mana kalau ditanya orang, (menjawab) 'Nggak kita lagi vakum', karena gue selalu megang. Padahal momennya bagus banget. Udahan yuk, kita udah cukup. Kita kasih tau aja kalo kita udah selesai di Naif," sambung dia.

Naif di Synchronize Fest 2018Naif di Synchronize Fest 2018. Foto: Hanif Hawari

David Bayu menyangkan rencana itu tidak jadi terlaksana. Padahal, dia menganggap momen ulang tahun Naif yang ke-25 adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan hal tersebut pada para penggemar mereka.

Kini, David Bayu mengaku sudah saatnya dirinya buka suara, sebab, Emil pun telah berbicara mengenai hengkangnya dari band tersebut terlebih dahulu.

"Karena gue jaga komitmen waktu itu untuk jangan ngomong dulu, ketika Emil ngomong keluar dari Naif, ya sudah gue juga ngomong juga dong. Gue sudah ngejaga apa yang kita komit bareng jangan ngomong dulu," jelasnya.

Pria kelahiran 29 Agustus 1976 itu pun mengatakan karier Naif selama 25 tahun sudah cukup panjang. Dirinya merasa, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berpisah. Sebab, baginya, setiap orang harus tahu waktu kapan dirinya harus berhenti.

"Sebenarnya setiap orang harus tahu batas cukup sih. Kalau berlebihan nggak enak, kalau kurang jugs kurang pas. Sebenernya kalau 25 tahun udah cukup waktunya untuk kita selesai di Naif, pas gitu. 25 tahun menurut gue batas cukup enak, yuk, kita ngomong bareng-bareng kalau kita nggak bisa menjalankan lagi dalam rumah Naif. Gue rasa setiap orang harus mengetahui batas cukup, nggak lebih, nggak kurang," tegasnya.



Simak Video "Perjalanan Karier 25 Tahun Naif Sebelum Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)