Dipha Barus, DJ-Produser Musik yang Berkarya & Lestarikan Seni Musik RI

Rifki Rafandani Rozmar - CXO Media - detikHot
Senin, 10 Mei 2021 16:34 WIB
Dipha Barus
Foto: Dok. CXO Media
Jakarta -

Para penikmat musik Indonesia pastinya sudah pada tahu dong, DJ (Disc Jockey) asal Indonesia, yang selalu menghadirkan karya-karya terbaik, lagu-lagu yang selalu terngiang di kepala, selalu menarik buat dinyanyikan bersama. Siapa lagi kalau bukan Dipha Barus.

Seperti yang kita tahu, Dipha Barus selalu melahirkan singel-singel terbaik yang pastinya sudah gak asing di telinga para penikmat musik Indonesia. Sebut saja singel Dipha Barus seperti All Good, No One Can Stop Us, You Move Me, dan lainnya yang mungkin gak bisa disebutkan satu per satu. Kehebatan karya Dipha ini pada akhirnya mengantarkan dirinya ke beberapa penghargaan-penghargaan bergengsi di Indonesia seperti AMI Awards, Indonesian Choice Awards, dan Paranoia Awards.

Tak hanya mahir menciptakan lirik yang menyihir para pendengar untuk selalu bernyanyi, sebagai DJ, Dipha pun mahir mengaransemen lagu, melahirkan nada ke nada lainnya sehingga menimbulkan jiwa pada lagu tersebut. Mencoba mempelajari dan menjelajah kekayaan musik Indonesia, Dipha sangat senang memadukan musik daerah di Indonesia dengan aransemen masa kini sehingga menjadi karya yang selalu meraih apresiasi dari banyak masyarakat.

Proses sampling yang dilakukan Dipha, mengambil beberapa bagian dan diolah, dikombinasikan dengan aransemen yang ia buat dapat dilihat di karyanya yang berjudul "No One Can Stop Us". Sampling yang dilakukan dari bagian choir Tari Saman Aceh dipadupadankan dengan aransemen yang Dipha buat sehingga menjadi karya yang tak hanya dapat didengarkan, namun juga semakin melestarikan kekayaan seni Indonesia dengan cara unik. Tentunya, hal ini juga tetap memperhatikan copyright atau hak cipta dari materi yang dijadikan bahan Sampling.

Disc Jockey yang juga produser musik ini baru saja merilis singel barunya yang berjudul "Flower". Singel ini menceritakan tentang sebuah proses 'growing' dan 'glowing' pada manusia. Dipha bercerita banyak mengenai singel terbarunya ini dalam kesempatannya berbincang santai bersama Nino Kayam dalam program Serenata 'Sebingkai Ekspresi Nada dan Kata', yakni program musik kebanggaan CXO Media.

Bersama 'Serenata Atmosfer Rasa', Citilink dan CXO Media mempersembahkan perjalanan singkat Nino Kayam bertemu dengan para sahabatnya di Bandung bersama Isyana Sarasvati & Rayhan Maditra di Bali, bersama Dipha Barus untuk mencari inspirasi dalam berkarya. Selain cerita tentang singel "Flower" masih banyak keseruan lainnya dari Dipha Barus dan Nino Kayam. Mau tahu soal keseruan dan penampilan live music khusus di Serenata Atmosfer Rasa? Saksikan SERENATA di Youtube CXO Media.

(akn/ega)