Jay Z Jual TIDAL ke Pendiri Twitter

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 04 Mei 2021 11:55 WIB
beyonce dan jay z
Jay Z. Foto: ist
Jakarta -

Musisi Jay Z berencana menjual layanan streaming miliknya, TIDAL, pada salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey. Proses jual beli antara keduanya dikabarkan akan segera rampung.

Jack Dorsey yang juga dikenal sebagai CEO dari layanan finansial Square pertama kali mengumumkan keinginannya untuk membeli TIDAL dari rapper pelantun Empire State of Mind itu pada Maret 2021.

Dikutip dari NME, Selasa (4/5/2021), Jack Dorsey mengatakan dirinya membeli TIDAL dengan harga USD 297 Juta atau setara dengan Rp 4,2 Triliyun. Dorsey juga telah mengakuisisi mayoritas saham dari layanan streaming tersebut untuk memperluas pembayaran secara seluler pada artis.

Dalam kicauan di akun Twitter-nya, Jack Dorsey menjelaskan alasannya ingin membeli TIDAL dan menggabungkannya pada perusahaan layanan finansial yang dikelolanya.

Menurutnya, hal itu adalah bentuk dari dukungannya terhadap karya yang dibuat oleh para musisi.

"Hal itu datang dari ide sederhana, yaitu menemukan cara baru bagi para seniman untuk mendukung karyanya," ujar Jack Dorsey.

"Ini adalah ide baru yang ditemukan sebagai irisan dari dua bidang. Kami yakin ada hal menarik di antara musik dan ekonomi," lanjutnya.

Dia juga mengatakan, "Membuat seniman berhasil secara ekonomi akan mirip dengan apa yang telah Square lakukan untuk para pedagang."

Di sisi lain, dikutip dari TMZ, penjualan TIDAL telah diselesaikan pada 30 April 2021. Pembelian yang awalnya disetujui seharga USD 297 juta malah berakhir di angka USD 350 juta.

Dengan pembelian itu, Square akan memiliki 80 persen dari kepemilikan TIDAL, termasuk perjanjian kerja sama antara layanan tersebut dengan label rekaman.

Meski demikian, sejumlah musisi yang juga memiliki hak kepemilikan di TIDAL tetap akan melanjutkan kepemilikannya, di antaranya adalah Madonna, Daft Punk dan Rihanna.

TIDAL adalah layanan streaming yang diluncurkan pada 2015. Dengan pembelian itu, Jay Z sebagai pemilik TIDAL sebelumnya akan bergabung di jajaran direksi dari Square dan CEO Roc Nation, Desiree Perez dikabarkan akan menjadi pimpinan TIDAL.



Simak Video "Respons Promotor Musik soal Lampu Hijau Konser dari Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)