Cerita Perkenalan Afgan dengan Jackson Wang hingga Kolaborasi di M.I.A

Tim Detikcom - detikHot
Senin, 03 Mei 2021 15:42 WIB
Afgan & Jackson Wang
Foto: dok. EMPIRE Records/ Trinity Optima Production/ Afgan & Jackson Wang
Jakarta -

Di tahun ini, Afgan baru saja merilis album bertajuk Wallflower. Dalam albumnya, terdapat lagu berjudul M.I.A. yang merupakan hasil kolaborasi dengan Jackson Wang, musisi yang tergabung dalam grup GOT7.

Afgan bercerita, pertemuannya dengan Jackson Wang pertama kali terjadi di Korea Selatan. Saat itu, dirinya tengah bertolak ke Negeri Ginseng tersebut untuk tampil di sebuah acara penghargaan.

Pada saat itu, lagu M.I.A. versi Afgan telah rampung direkam dan dirinya belum memiliki rencana untuk berduet dengan siapapun di lagu itu.

"Nggak sengaja sih semuanya, nggak di plan gitu, terjadi secara organik aja. Jadi aku udah selesai rekaman lagu ini di San Fransisco, setelah itu, aku ke Korea, ada nyanyi di award show, salah satu pengisi acaranya itu GOT7. Ketemu dengan mereka di backstage akhirnya ketemu, ngobrol sama Jackson," kenang Afgan dalam wawancara dengan detikcom.

Dari pertemuan itu, Afgan tidak langsung terpikir untuk mengajak Jackson Wang berkolaborasi. Beberapa bulan setelahnya, barulah ide itu muncul.

Saat pembicaraan untuk berkolaborasi bersama muncul, Afgan langsung terpikir pada lagu M.I.A. yang menurutnya cocok untuk dibawakan bersama dengan Jackson Wang.

"Dia dengerin dan dia suka, dia bilang, 'Gue mau ngerekam lagu ini, tapi gue maunya ikut tulis bagian gue, aku juga memberikan kebebasan dia merekam lagu, ya sudah gue percaya sama lo, terserah mau lo apain lagunya. Ternyata jadinya cocok banget dan nge-blend," kata Afgan.

Saat lagu M.I.A. diperbarui bersama Jackson Wang, pandemi COVID-19 telah melanda sejumlah negara, termasuk Indonesia maupun Korea Selatan. Hal itu menyebabkan Afgan dan Jackson Wang harus menggarap lagunya secara jarak jauh.

Meski demikian, pria kelahiran 27 Mei 1989 itu mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti pada proses penggarapan lagu secara jarak jauh itu.

"Nggak merasa terlalu banyak tantangan ya, karena kolaborasi ini terjadi based on mutual trust. Jadi semuanya nge-blend aja. Waktu aku kasih lagunya ke dia, ya sudah kalau mau nulis bagian lo, tulis aja," tutur Afgan.

Tidak hanya penggarapan lagu, pembuatan video klip pun dilakukan secara jarak jauh. Di Indonesia, Afgan bekerja sama dengan sutradara Shadtoto Prasetio.

"Jadi dia nggak ada meeting untuk video klip, jadi cuman di-brief aja. Waktu kami edit videonya, cocok banget nih, kok bisa satu warna, itu semua terjadi karena kepercayaan kami aja ya. Kameranya sama, kamera yang dipakai sama, padahal kami nggak janjian," jelas Afgan.



Simak Video "Afgan Bakal Kolaborasi Bareng Jackson Wang di Lagu 'M.I.A'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)