Satu Dekade, Ramadhan Jazz Gelar Konser Amal

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 29 Apr 2021 16:10 WIB
Festival Ramadhan Jazz
Dokumentasi Ramadhan Jazz tahun sebelumnya. Foto: Isfari Hikmat (detikHOT)
Jakarta -

Festival musik yang berlangsung pada tiap bulan suci, Ramadhan Jazz, tahun ini kembali berlangsung untuk ke-10 kalinya. Sesuai usianya, gelaran tahun ini mereka mengusung tagline #ADecadeOfLove dengan tema Blessing Through Caring.

Acara tersebut berlangsung pada Jumat dan Sabtu, 30 April dan 1 Mei 2021. Berlangsung di tengah pandemi, Ramadhan Jazz tahun ini digelar secara hybrid, yakni memadukan unsur langsung dan virtual.

Pertunjukan langsung dari acara tersebut diadakan di Sea World, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Pertunjukan itu berlangsung tertutup hanya dihadiri artis, kru dan undangan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan, penonton umum dapat menyaksikannya secara virtual dari rumah masing-masing.

"Alhamdulillah dapat menjadi sarana dakwah kekinian yang Insya Allah akan terus relevan di kalangan muda atau millenials. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan menebarkan manfaat dari kegiatan ini baik dari penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir ataupun yang menonton live streaming-nya," ungkap Artistic Director dan penggagas RJF, Agus Setiawan Basuni, melalui siaran pers yang diterima detikcom.

"Kekuatan RJF adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa," sambung Agus.

Tahun ini, Ramadhan JAzz festival akan mengadakan kegiatan sosial yang bekerja sama dengan Kitabisa.com dalam kampanye bernama Bantu Upaya Muara Gembong Melawan Bencana Abrasi.

Nantinya, dana yang terkumpul akan didonasikan untuk membangun desa tertinggal di Muara Gembong, Jawa Barat. Selain itu, akan ada pula penanaman 10.000 bibit tanaman mangrove agar tidak terjadi abrasi berkelanjutan, serta pengadaan unit alat tangkap yang dikelola oleh POKDARWIS.

Untuk menyaksikan siaran Ramadhan Jazz, calon penonton hanya perlu melakukan donasi yang seluruhnya akan disalurkan melalui kegiatan yang telah disebutkan di atas.

Pada 2019, Ramadhan Jazz telah berhasil mendistribusikan donasi 50 kantung darah yang disalurkan melalui PMI. Selain itu, Ramadhan Jazz juga berhasil mengumpulkan uang senilai Rp 259 Juta yang digunakan untuk membagikan 1000 alat bantu untuk difabel yang disalurkan melalui Yayasan Difabel Action Indonesia (YDAI) serta mengadakan Wisata Edukasi Difabel.



Simak Video "Menhub Budi Bacakan Puisi Gus Mus di Ramadhan Jazz 2019 "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)