Rayakan 50 Tahun, Album Paul McCartney dan Istrinya Akan Dirilis Ulang

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 09:50 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 06: Sir Paul McCartney poses for photograph at the Hey Grandude! book signing at Waterstones Piccadilly on September 06, 2019 in London, England. (Photo by Tim P. Whitby/Getty Images)
Foto: Sir Paul McCartney poses for photograph (Tim P. Whitby/Getty Images/Tim P. Whitby)
Jakarta -

Album milik Paul McCartney dan istrinya, Linda, yang berjudul RAM akan dirilis ulang tahun ini. Album itu merupakan satu-satunya album dari personel The Beatles itu yang kreditnya dimiliki bersama antara dia dan istrinya.

Kabar tersebut dibagikan oleh Paul McCartney dalam sebuah kicauan di akun Twitter miliknya, dilihat detikcom pada Kamis (1/4/2021).

"Ulang tahun ke-50 dari RAM akan dirayakan pada Mei tahun ini dengan perilisan ulang secara spesial dari album tersebut. Albumnya akan rilis pada 14 Mei dalam edisi terbatas dalam format piringan hitam dengan master yang digarap kembali," tulis Paul McCartney.



Perilisan ulang RAM merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 album tersebut. RAM pertama kali rilis pada Mei 1971. Sebelum mengeluarkan album tersebut, Paul McCartney lebih dulu merilis album debut dari proyek solonya dengan judul McCartney pada 1970.

Saat ini, album RAM edisi ulang tahun ke-50 telah dapat dipesan. Sebelumnya, album itu juga pernah dirilis ulang sebagai bagian dari Paul McCartney Archive Collection.

Sebelumnya, anak dari Paul McCartney, Mary McCartney, diumumkan menjadi sutradara dari film dokumenter yang bercerita tentang studio legendaris Abbey Road di Inggris.

Film itu bakal diberi judul If These Walls Could Sing. Film itu sekaligus menjadi film dokumenter panjang pertama yang membahas mengenai studio ikonik Abbey Road.

Mary McCartney yang merupakan sineas dan fotografer mengatakan akan membuat If These Walls Could Sing dari perspektif personalnya. Sebagai putri dari personel The Beatles, ia memang menghabiskan banyak waktu di masa kecil di studio tersebut.

"Beberapa memori terdahulu milikku sebagai seorang anak datang dari masa ketika aku menghabiskan masa kecil di Abbey Road. Aku sudah lama ingin bercerita tentang tempat bersejarah itu," ungkap Mary McCartney.



Simak Video "Plang Jalan Abbey Road Tempat Ikonik The Beatles Terjual Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)