Main Stage

ABDA Alami Kerugian saat Putuskan Ganti Nama

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 25 Mar 2021 07:50 WIB
Ahmad Abdul (Abda)
ABDA. Foto: Rafida Fauzia
Jakarta -

ABDA baru saja merilis single berjudul Gold. Lagu itu digunakannya untuk memperkenalkan identitas barunya. Meski ABDA terbilang menjadi nama baru di industri musik, tapi sebelumnya ia sudah berkarya dengan nama Ahmad Abdul.

Dikenal karena menjadi jebolan salah satu ajang pencarian bakat, dengan nama Ahmad Abdul, ABDA telah merilis sejumlah single, sebut saja Coming Home, Tell Me Something hingga Up to the Sky.

Pada saat memutuskan berganti nama, tekadnya sudah bulat. "Tergantung kapan lo mau nunjukin apa yang pingin lo tunjukin juga sih, akan tiba waktunya juga lo diterima. Jadi gue pikir, ah sekarang nih kayaknya berubah, biar Ahmad Abdul jadi kenangan saja sudah," kata dia saat bertandang ke kantor detikcom.

Namun, diakui ABDA, keputusannya untuk mengubah nama bukannya bebas dari risiko dan konsekuensi. Dirinya mengakui ia sempat kehilangan pengikutnya di media sosial karena mengganti namanya.

"Sudah kehilangan followers, orang jadi nggak tahu itu siapa. Pingin bikin orang penasaran juga, dia siapa sih, dia belum banyak yang kenal, karyanya apa sih, kok seperti ini?" tutur dia.

ABDA tidak ambil pusing bila ia harus kembali memperkenalkan dirinya ke khalayak, ia justru merasa hal itu yang ia inginkan.

Saat terpikir untuk mengganti nama, pada mulanya, ABDA justru ingin agar sosoknya tidak terlihat, hanya nama dan karya. Akan tetapi menurutnya hal itu terlalu berisiko.

"Jadi yang melatarbelakangi mengapa aku mengganti nama jadi ABDA ingin ngasih sesuatu yang di industri sebagai seseorang yang pasti belum kenal kan, siapa sih ABDA ini, tapi orang nggak tahu ABDA ini siapa. Awalnya konsepnya nggak mau nyebutin wajah, cuman pingin nama dan lagunya aja. Tapi banyak yang nggak setuju sama itu karena ganti nama aja konsekuensinya sudah besar," urainya.

Dengan mengganti nama, ia pun mengganti semua nama pengguna (username) di media sosial miliknya. Soal kehilangan pengikut (followers) ia tidak mau ambil pusing.

"Rebranding semua, Instagram, YouTube, untungnya dibantu, kontak YouTube ganti nama, di Instagram ganti nama. Jadi masih ada ceklisnya (tanda verifikasi)," katanya.

"Kalau di Twitter, salahnya aku tuh ganti nama sendiri jadi ceklisnya hilang, tapi yaudahlah, verified or not, tapi centang birunya hilang. Aku ya sudahlah, kalau memang hilang yaudah," sambung dia.



Simak Video "Abdul Hadirkan ABDA Sebagai Gebrakan Baru di Karir Bermusik"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)