Isyana Sarasvati Tafsirkan Mimpi dalam IL SOGNO

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 12 Mar 2021 19:54 WIB
Isyana saat tampil di acara dHOT Music Day 2021.
Isyana Sarasvati. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta -

Suatu hari, Isyana Sarasvati terbangun dari tidurnya usai memimpikan sesuatu. Bila banyak orang dapat melupakan kejadian dalam mimpinya begitu saja, tidak dengan perempuan kelahiran 2 Mei 1993 itu. Ia justru bertanya-tanya dan ingin mencari tafsir dari mimpinya itu.

Hal itu yang kemudian mengilhaminya menulis IL SOGNO, single anyar yang baru saja dirilisnya. Dalam bahasa Italia, IL SOGNO berarti mimpi.

"Aku tuh anaknya senang mimpi, sering banget mimpi dan kadang-kadang mimpinya itu bikin aku berpikir dan bertanya-tanya, 'Ada apa nih di balik mimpi ini? Kok mimpinya bisa seserem ini? Kenapa aku pernah mimpi terus kejadian besoknya? Ada apa ya, mimpi itu sebenarnya apa?" ungkap Isyana dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Merasa penasaran dengan makna di balik mimpinya, Isyana Sarasvati pun mencurahkan isi hatinya itu dalam lagu. "Di situ aku menuliskan pengalaman-pengalaman aku saat mimpi dan pertanyaan aku juga, is it a sign, is it a gift or burden? Apa ya? Ada pesan apa sih di balik mimpi?" kata dia lagi.

Meski tertarik pada segala sesuatu yang berhubungan dengan mimpi, pada dasarnya dalam lagunya kali ini, dirinya hanya mencoba menuangkan apa yang ada dalam perasaannya. "Aku cuman benar-benar pure nulis apa yang ada di pikiranku doang dan yang aku alami dan yang ingin aku tanyakan aja (tentang mimpi)," tutur dia.

Isyana Sarasvati juga memiliki alasannya tersendiri mengapa memilih IL SOGNO sebagai judul dari lagunya. Menurut dia, penggunaan kata yang berasal dari bahasa Italia cocok dengan nuansa klasik dan opera yang ia coba usung dalam lagunya kali ini.

"Liriknya mayoritas bahasa Inggris, tapi ada sisipan bahasa Itali, pada saat aku menggarap lagunya dan aransemennya jadi dan aku kepikiran pingign ada harpsichord kayak jaman-jaman baroque," jelas dia.

Menurut Isyana Sarasvati, ketika menulis IL SOGNO, dirinya turut mengingat apa yang dia pelajari di bangku perkuliahan dulu.

Isyana saat tampil di acara d'HOT Music Day 2021.Isyana saat tampil di acara d'HOT Music Day 2021. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

"Aku kembali mengingat akar musik aku yang aku pelajari saat kuliah dan biasanya kalo kita nyanyi dari opera, itu kan bahasa kalau nggak Itali, Jerman, French, aku ngerasa kayaknya cocok nih kalau dikasih sentuhan Itali. Dan aku kan waktu kuliah juga ada language classes. Selain belajar language kita juga belajar IPA, international phonetic alphabet dimana kita belajar cara pronounce bahasa-bahasa tersebut," ceritanya.

Dia menambahkan, "Jadi ya sudah aku mikir, ya sudah ah kayaknya keren nih IL SOGNO, cocok banget memasukkan unsur bahasa Italia dalam lagu tersebut."

Ketika menggarap IL SOGNO, Isyana Sarasvati mengaku tidak menemukan kesulitan yang berarti. Menurutnya, hal itu dikarenakan dia mencoba menulis setiap lagu yang ia ciptakan dengan jujur dan tanpa adanya beban.

Pemilik album LEXICON (2019) itu bahkan menganggap menulis lagu adalah bentuk terapi yang bisa membuat hatinya lebih lega.

"Karena bikin lagu kan therapeutic ya buat aku, bukan yang tekanan, jadinya pas bikin IL SOGNO sih seneng ya, karena aku bisa mencurahkan apa yang aku rasakan. Karena musik tuh satu-satunya medium dimana aku bisa berekspresi secara utuh, secara jujur dan secara apa adanya. Ya, makanya tiap kali buat musik, bukannya kepikiran, malah sesuatu yang therapeutic buat aku," ujarnya.



Simak Video "Rayakan Hari Musik Nasional Di Rumah Aja Bersama Detikcom"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)