Isyana Sarasvati Punya Doa untuk Musik Indonesia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 13:54 WIB
Isyana saat tampil di acara dHOT Music Day 2021.
Isyana Sarasvati. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta -

Isyana Sarasvati baru saja tampil di acara d'HOT Music Day yang merupakan perayaan Hari Musik Nasional yang diadakan oleh detikcom pada Rabu (9/3/2021). Ditemui menjelang tampil di Kawasan Transmedia, Tendean, Jakarta Selatan, pelantun Untuk Hati yang Terluka itu pun mengucapkan doanya untuk kemajuan musik Indonesia.

Tidak hanya berdoa agar musik Indonesia lebih berkembang dari sebelumnya, dia pun berharap para musisi dapat tetap menyalakan asa dan harapannya meski tengah berada di tengah masa sulit karena pandemi.

"Aku selalu berdoa untuk kebaikan musik Indonesia. Aku sih sangat berharap untuk kita merayakan Hari Musik Nasional, kita kembali mengingat dan kita kembali bersemangat lagi untuk mengembangkan musik Indonesia," ujar Isyana.

"Jadi aku sangat-sangat berharap dengan kita mengingatkan lagi, wah semangat, kita sama-sama berjuang meskipun kita sedang mendapatkan ujian yang berat, semoga bisa cepat bangkit lagi, semoga bisa cepat aktif lagi, ekosistemnya juga bisa kembali aktif lagi, semuanya cepat pulih lah," ucapnya lagi.

Baginya, satu tahun Indonesia berada dalam masa pandemi virus Corona memang waktu yang berat bagi para musisi. Sebab, para musisi yang biasanya tampil di hadapan para pendengarnya tidak dapat menyapa penggemarnya secara langsung.

Izin untuk mengadakan konser pun hingga kini belum diberikan oleh pihak yang berwenang karena mempertimbangkan keamanan dan penyebaran virus Corona.

Isyana Sarasvati saat tampil di acara d'HOT Music Day 2021.Isyana Sarasvati saat tampil di acara d'HOT Music Day 2021. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Namun, menurut Isyana Sarasvati, hal itu bukan alasan bagi para musisi untuk menyerah. Justru, dia menilai, musisi harus lebih kreatif dan adaptif dalam menghadapi situasi yang sedang terjadi.

"Kalau aku selalu mencoba mengambil hikmah dari tiap cobaan yang ada, walau nggak bisa berbohong ya, tahun ini memang berat untuk kami, nggak hanya pelaku musik aja, tapi orang-orang di belakang layar itu lebih berat lagi hidupnya, tapi kita nggak boleh patah semangat dan harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Malah nggak boleh patah semangat, harus beradaptasi dengan mencari plan-plan baru," tutur dia.

Selain itu, perempuan kelahiran 2 Mei 1993 juga melihat Indonesia banyak memiliki musisi bertalenta. Oleh karena itu dia berharap nantinya musisi Tanah Air dapat lebih dikenal di kancah mancanegara.

"Aku juga berharap kami, musisi Indonesia, karyanya bisa lebih dikenal lagi di mancanegara karena aku merasa sekarang musik di Indonesia sudah sangat variatif dan sangat bagus sekali, banyak bibit baru yang bertalenta dan musik Indonesia patut dikenal oleh orang banyak di dunia," ungkapnya.



Simak Video "Lihat Lagi Aksi Melly Goeslaw hingga Isyana di d'Hot Music Day 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)