Muntaber - Mundur Tanpa Berita, Lagu Comeback Elkasih Reborn soal Ghosting

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 11 Mar 2021 19:15 WIB
Elkasih Reborn rilis lagu berjudul Muntaber
Elkasih Reborn rilis lagu berjudul Muntaber (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Setelah lama vakum, grup band Elkasih kembali dengan nama baru yaitu Elkasih Reborn. Hal itu terjadi karena adanya perubahan formasi dalam internal mereka.

Elkasih Reborn mengganti posisi El Ibnu yang semula vokalis kini fokus bertugas di belakang layar. Hal itu mengingat kondisi El Ibnu yang kini tidak memungkinkan lagi bernyanyi karena terserang stroke.

Posisi El Ibnu digantikan oleh Septa Agustin yang kita akrab disapa El Septa. Ia adalah El Friends (sebutan fans Elkasih) yang terpilih melalui jalur audisi.

"Saya bergabung dengan Elkasih sangat percaya nggak percaya. Elkasih idola sejak dulu, ya senang bahagia. Campur aduk pokoknya," ungkap El Septa saat konferensi pers di Kopi Genta, Museum Satriamandala, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (11/3/2021).

Sebagai bentuk keseriusan, Elkasih Reborn juga merilis single terbarunya yang bertajuk Muntaber. Yang merupakan singkatan dari Mundur Tanpa Berita.

Single tersebut diciptakan oleh drummer Elkasih Reborn, El Arif. Hal ini sangat dekat kaitannya dengan fenomena ghosting yang sedang ramai dibahas oleh masyarakat.

"Sebetulnya Muntaber saya bikin 12 tahun lalu. Pas Ibnu masih sehat, masih aktif. Dia udah dengar tapi belum nyanyiin. Ceritanya tentang Muntaber itu hampir semua orang ngalami. Baik korban maupun pelaku. Kalau sekarang istilahnya ghosting," kata El Arif dalam kesempatan yang sama.

"Saya dapat inspirasinya dari Muntaber dulu. Ini kan lagu udah 12 tahun lalu, baru rilis sekarang karena Elkasih baru comeback lagi. Yang kita siapkan untuk album ketiga. Dan momennya pas juga lagi ghosting," sambungnya.

Seperti diketahui, fenomena ghosting ramai dibahas saat anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dituding meninggalkan mantan pacarnya, Felicia Tissue. Kaesang disebut pergi begitu saja dari Felicia tanpa ada kabar dan penjelasan yang pasti. Namun tiba-tiba saja Kesang dikabarkan telah memiliki kekasih lain yang bernama Nadya Arifta.

Lagu ini juga sangat related dengan kehidupan El Ibnu dan kekasihnya, Sarah Dee. Puluhan tahun lalu, Sarah pernah ditinggal oleh El Ibnu tanpa kabar sebelum akhirnya bertemu lagi.

"Muntaber pertama kali akhir 2004. Tahun segitu dia menghilang tanpa berita banget. Aku sempat cari dia, kabar dia ke Surabaya ternyata tidak ketemu. Terus tahun 2005 sama terakhir juga 2010. Jadi mas Ibnu Muntaber saya berkali-kali. Tapi sekarang dia sudah sembuh," imbuh Sarah Dee.

Adapun formasi terbaru Elkasih yakni El Ari masih menjadi keybordis, El Fajar (basis), El Arif (drummer), El Pico (gitaris), dan El Septa (vokalis). Meskipun sudah tidak bisa bernyanyi seperti sediakala, namun El Ibnu masih tetap berkontribusi dalam Elkasih.

(hnh/aay)